SMKN 1 Pasaman Berbenah Menuju Program Smart School


Edi Supandri,S.Pd.M.Pd.T

Pasaman Barat, prodeteksi.com------ Suatu langkah menuju Smart School, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK N)  1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar, berupaya terus menyeimbangkan infrastruktur yang ada dengan kemampuan sumber daya pelaksananya. 

“Optimalisasi peningkatan kualitas pendidikan yang ada menuju smart school. Ini merupakan upaya pembenahan yang dicita-citakan dan diprogramkan SMKN 1 Pasaman, “ kata Kepala Sekolah, Edi Supandri,S.Pd.M.Pd.T, belum lama ini di ruang kerjanya.

Istilah smart school atau sekolah pintar adalah suatu sasaran konsep sekolah yang berbasis teknologi yang digunakan dalam proses belajar-mengajar di kelas.  

Menurut Supandri, yang biasa dipanggil Edi ini, penggunaan teknologi pendidikan mencakup suatu sistem membantu komunitas pendidikan dalam menjalankan fungsinya masing-masing dengan tujuan mengembangkan potensi peserta didik. 

Oleh karena itu lanjutnya, telah diawali dengan persiapan  baik sarana maupun prasarana yang mendukung. Suatu contoh saja yang menggunakan teknologi, adalah dalam kegiatan presentasi di kelas. Menggunakan program online maupun offline, dengan menggunakan layar dan projektor.

Untuk online, disiapkan jaringan internet  penyedia berbagai macam data - mudah dan gratis untuk diakses. Maka koneksi wifi harus memadai untuk digunakan seluruh warga sekolah dan fasilitas-fasilitas lainnya.  

Selain itu,  adanya pembelajaran virtual atau yang dikenal dengan virtual learning environment (VLE) menurut Edi adalah sebuah platform berbasis Web untuk pembelajaran dalam aspek digital. Termasuk anak anak disipakan belajar vicon.

Tujuan penggunaan teknologi dalam bidang pendidikan jelasnya, adalah untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai. 

“Menyikapi penggunaan teknologi ini, SMKN 1 Pasaman tengah mempersiapkan perencanaan strategis. Termasuk menyangkut sumber daya yang ada dan pengembangan profesionalisme guru serta pembentukan tim khusus, “ jelasnya.

Menurutnya, perlu mengembang potensi tenaga pendidik dalam pengembangan proses belajar mengajar agar dapat terukur dan terarah. Ditambah lagi dengan peningkatan kelengkapan sarana prasarana seperti ruangan laboratorium dan fasilitas lainnya menjadi faktor penunjang ke arah Smart School. Sehingga  diharapkan program dan cita cita ini, dapat terwujud ke depan, “harap Edi ***irz
Tags

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.