Investasi Penyulingan Minyak Terbesar akan Hadir di Air Bangis Pasbar



Perencanaan Pembangunan Proyek Penyulingan Minyak Bumi di Air Bangis Pasbar
Pasaman Barat, prodeteksi.com.-----Proyek penyulingan minyak bumi terbesar di asia, akan hadir di Sumatera Barat. Lokasi yang dicadangkan adalah kawasan Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabuaten Pasaman Barat.

Efif Syahrial
Abaco Industrial City (PT Abaco Pasifik Indonesia) akan menanamkan Investasi senilai Rp. 1500 Triliun untuk membangun kilang pengolahan minyak bumi di Kawasan Hutan Air Bangis., seluas 20.000 Hektar. Proyek tersebut terdiri dari beberapa tahapan investasi, hingga menghasilkan minyak jadi.  

Walinagari Air Bangis, Efif Syahrial mengatakan, rencana Abaco melakukan investasi seiiring juga dengan kondisi Indonesia yang masih membutuhkan kilang refinery untuk kebutuhan minyak dalam negeri.

“ Memang benar bahwa Air Bangis telah diproyeksikan sebagai lokasi Proyek Penyulingan Minyak terbesar di Asia. Dan saat ini sudah dalam urusan perizinan mencapai 90 persen, “ kata Efif Syahrial belum lama ini di Ruang Kerjanya Kantor Wali Nagari Air Bangis. 

Lebih lanjut dikatakan, Air Bngis ditetapkan oleh provinsi sebagai tempat pembangunan proyek karena beberapa pertimbangan. Termasuk lokasinya yang sangat strategis. Baik dari kawasan darat, udara dan lautan. Bahkan memiliki jalur lintas laut terpendek menuju Timur Tengah.
Kantor Wali Nagari Air Bangis

Proses perencanaannya jelasnya,  sudah sejak 3 tahun yang lalu. Bahkan telah dituangkan dalam perobahan RT RW serta Tata Ruang  Provinsi Sumbar. 

Buktinya rencana ini sudah diplot tanggal 28 Oktober 2018 dalam perobahan RTRW  yang isinya menyatakan bahwa Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat dijadikan sebagai kawasan pertumbuhan ekonomi untuk pengolahan dan pemurnian minyak bumi
Peta Lokasi Rencana Pembangunan Proyek Penyulingan Minyak di Air Bangis

“ Jika proyek ini telah dimulai, ini merupakan kebangkitan ekonomi Sumatera Barat. Terkhusus pula Kabupaten Pasaman Barat karena akan mampu menerima sekitar 2600 tenaga kerja. Belum lagi dampak positifnya dalam pertumbuhan ekonomi dalam berbagai aspek, “ jelas Efif

Ditambahkan bahwa di bidang tenaga kerja akan dapat meminimalisir angka pengangguran. Sesuai MoU dengan Abaco, mengenai tenaga kerja dan CSR diluar tenaga ahli wajib memakai tenaga kerja Pasbar Sumatera Barat.

Abaco akan membangun kilang pengolahan minyak untuk memenuhi kebutuhan minyak dalam negeri. Dengan bahan baku berupa minyak mentah yang akan didatangkan dari Timur Tengah. 

Kemudian minyak mentak tersebut nantinya akan diolah di kilang yang akan dibangun di Air Bangis. Ditargetkan jelas Efif, February 2020 telah dapat diresmikan pembangunannya oleh Presiden RI, Joko Widodo. ****irti z

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.