Warga Kampung Baru Stop Tengki CPO Over Kapasitas


Mobil-tangki-sawit-yang-distop-masyarakat-Kapung-Baru-Pasaman-Barat.
Pasaman Barat, prodeteksi.com-----SEJUMLAH mobil tengki pengangkut CPO dari PTPN 4 Batu Sondet Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Provinsi Sumatra Utara, distop oleh masyarakat Kampung Baru Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat, Provisi Sumatera Barat.

Pasalnya, kenderaan pengangkut minyak sawit CPO yang melintasi jalan raya Kamung Baru dan Desa Baru, diduga over kapasitas. Akibatnya membuat kondisi jalan mudah rusak dan merugikan pemakai jalan umum.

Hal tersebut dbenarkan oleh Ketua Pemuda Kampung Baru Habibie, didampingi Rudi Hartono dan diamini tokoh masyarakat lainnya.

“Kami merasa keberatan terhadap muatan mobil CPO dari PTPN4 tersebut yang disinyalir akan menghancurkan jalan di kampung kami ini,” kata Habibie

Aksi masyarakat yang melakukan tindakan penghentian pengangkut CPO tersebut, dilakukan warga pada Rabu 4/9/2019 sekitar pukul 03.00 WIB dini hari. Berlangsung dengan tertib dan tidak terjadi tindakan anarkis.

Camat Ranah Batahan, Syahwirman SH, MM, yang dikonfirmasi Rabu 4/9 membenarkan terjadinya peristiwa tersebut. Menurutnya asal masalahnya adalah angkutan CPO yang melebihi muatan yang seharusnya maksimal 8 ton sesuai kondisi jalan. Namun diperkirakan tengki pengangkut CPO itu mencapai 14 ton bahkan 18 ton.

“Ini masalah aturan saja, karena jika mobil CPO tersebut mengangkut muatan maksimal 8 ton, masyarakat tidak akan marah mungkin mereka telah pernah memperingatkan sebelumnya, sehingga warga melakukan aksi ini, “ kata Camat, yang dihubungi lewat phonselnya. ***arwin/ irti z

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.