RPS Teknik Listrik SMKN 1 Koto Balingka, Selesai Dibangun dan Segera Difungsikan

 

Ruang Praktek Sswa Teknik Listrik SMKN 1 Koto Balingka



Pasaman Barat, prodeteksi.com----Pembangunan Gedung RPS ( Ruang Praktek Siswa) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), rampung dikerjakan.

 

Ruang Praktek Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik ini, merupakan bagian dari kegiatan pengadaan sarana prasarana SMK di Sumatera Barat yang bersumber dari dana DAK (Dana Alokasi Khusus) Tahun Angagara 2020. Dengan alokasi dana geuung dan peralatannya mencapai Rp 900 juta.

 



Pembangunan RPS atau sarana perbengkelan ini, juga merupakan program peningkatan akses dan mutu pendidikan SMK. Kegiatan ini dilaksanakan secara swakelola selama 120 hari kalender terhitung pertengahan Juli 2020 hingga November 2020.

 

“Alhamdulillah Gedung RPS ini dapat diselesaikan sesuai jadwal. Dan pelaksanaannya telah sesuai dengan petunjuk teknis dan ketentuan dari Dinas Pendidikan Sumbar, walau sebelumnya ada beberapa perbaikan, “kata Kepala SMK N 1 Koto Balingka, Ahmad Ramli, S.Pd ketika ditemuai beberpa hari lalu di lokasi pembangunan RPS di Jorong Parit Koto Balingka.

 

Ahmad Ramli, Kepala Sekolah

Ahmad Ramli didampingi Ketua Tim Pelaksana Pembangunan RPS, Jamal Syarif, SPd mengatakan, ucapan terima kasih kepada pihak pemerintah dan Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar atas bantuan pembangunan RPS tersebut.

 

Demikian juga ucapan serupa kepada semua pihak yang memberi dukungan suksesnya pembangunan RPS tersebut, termasuk pada pihak komite.

 

“Kita tentunya sangat berterima kasih atas pembangunan RPS ini, karena sangat dibutuhkan untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah ini. Apalagi sebagai sekolah yang relatif baru berdiri sekitar 3 tahun yang lalu, “ sebut Ahmad Ramli.


Jamal Syarif Ketua Tim Pembangunan RPS


Menurutnya, dengan kehadiran RPS Teknik Instalasi Listrik SMK N 01 Koto Balingka, akan berdampak positif untuk kemajuan mutu pendidikan terutama dalam meningkatkan kompetensi life skill siswa yang lebih baik dari sebelumnya.

 

Keberadaan Gedung Praktek  juga dimaksudkan untuk meningkatkan daya tampung sekolah sehingga pembelajaran dapat berjalan lebih optimal.  

 

Dijelaskan, dengan peningkatan sarana seperti RPS tersebut, memang dapat mendukung program peningkatan akses daya tampung serta pemerataan pendidikan pada satuan pendidikan kejuruan.

 

Peralatan Praktek

Dengan tujuan utama adalah untuk meningkatkan kualitas, khususnya dalam bidang kompetensi  Teknik Instalasi Listrik di SMKN 01 Koto Balingka menjadi jauh lebih baik lagi.

 

Lebih lanjut dikatakan, RPS tersebut dilengkapi dengan beberpa ruangan, seperti ruang instruktur, ruang perawtan/Pernaikan Peralatan, Ruang Penyimpanan, Laboratorium, Ruang Praktek Siswa dan ruang pendukun lainnya.  Ditambah dengan pralatan praktek yang telah dimasukkan dalam ruangan RPS sebanyak tujuh jenis peralatan bidang Teknik Listrik.

 

Menurut Ahmad Ramli, dalam waktu dekat RPS ini akan segera difungsikan. Tinggal bagaimana menerapkan prosedur pengelolaan fasilitas pembelajaran praktik untuk mendukung proses belajar mengajar karena fasilitas praktik merupakan suatu hal yang paling utama dan penting.

 



Hal yang perlu diperhatikan jelasnya,  terkait pengelolaan fasilitas praktik dengan baik dan benar agar kondisinya selalu siap pada saat akan digunakan. Maka perlu diatur dengan baik , mulai dari manusianya, alat, ruang, bahan praktik, pengaturan anggaran, pengaturan keselamatan kerja dan juga perencanaan sarana tambahan ke depan, “ terang Ahmad Ramli. ****irti z

 

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.