HEADLINE NEWS

Proyek Penanganan Abrasi Pantai Padang Penuh Manfaat, Program BPDB Sumbar Teralisasi

IKLAN

 

  Penanganan Abrasi Pantai Padang Diatasi Dengan Pembangunan Proyek Pemasangan Baru Grid, Penahan dan  pemecah ombak, pengaman abrasi 


Padang, prodeteksi.com-----Proyek penanganan transisi darurat kepemulihan abrasi di kawasan Tugu Merpati Pantai Kota Padang yang telah rampung dikerjakan Maret 2021 lalu, sangat berdampak positif terhadap keamanan pantai dari terjangan abrasi dan sekaligus memperindah kawasan pantai.  

 

Proyek pada  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar ini,   merupakan upaya Penanganan abrasi yang sebelumnya sangat parah. Bahkan  terancam ambruk, dan berdampak juga pada pondasi Masjid Al Hakim yang berada di Pantai Padang.  

 

Sehingga dengan pemasangan batu seawall, grip, ground T atau penghalang/ pengaman ombak yang dilaksanakan oleh  PT.Graha Bangun Persada selaku perusahaan kontraktor pelaksana, dan  PT.Yasa Kreasindo Cemerlang selaku konsultan supervisi membuat kawasanTugu Merpati, juga di kawasan Masjid Al Hakim dan Pasir Jambak relatif aman dari abrasi dan menambah indahnya kawasan wisata pantai. Bahkan menguntungkan juga bagi para pedagang di sana.

 

Suryadi Eviontri 

Kepala BPBD Sumbar Erman Rahman melalui Kabid Rehab Rekon BPBD Sumbar Suryadi Eviontri kepada wartawan belum lama ini mengatakan rasa syukur dan apresiasi kepada pihak pelaksana dan seluruh pihak yang membantu sehingg proyek dapat dirampungkan dan terlaksana dengan baik/

 

“Alhamdulillah, proyek senilai Rp19 miliar  dari BNPB ini  dapat terlaksana berkat sinergi pemerintah pusat dengan pemerintah daerah serta dukungan dari berbagai pihak.   Sebelumnya, bencana abrasi di kawasan Tugu Merpati Kota Padang merupakan ancaman yang permanen, untuk itu, kini sudah ada solusi yang juga bersifat permanen,”  Suryadi Eviontri.

 

Lebih lanjut dikatakan Suryadi, persoalan kebencanaan, khususnya mitigasi, memang membutuhkan dana besar untuk membangun secara fisik, tidak cukup apabila hanya mengandalkan APBD. Tapi perlu upaya untuk menggaet dana pusat agar persoalan mitigasi dapat diatasi.

 

“Kita sangat berterimakasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini BNPB yang sangat peduli dengan Sumbar. Kita harapkan akan ada bantuan untuk daerah lain terdampak bencana di Sumbar,” ungkapnya.

 


Dikatakan, dengan keberadaan tanggul laut  diharapkan dapat mencegah terjadinya abrasi, sehingga masjid dan Tugu Merpati tetap berdiri kokoh serta melindungi  dari ancaman bencana alam dan lainnya.

Suryadi sendiri mengapresiasi capaian pelaksanaan penanganan abrasi pantai Padang pada garis pantai kawasan Tugu Merpati.

 

Sebab. masa pelaksanaan perkerjaan hanya 70 hari kalender.  Namun capaian progres penanganan darurat abrasi pantai Padang pada garis pantai kawasan Tugu Merpati telah mencapai 100%.

 

“Kita ucapkan terimakasih semua pihak tderkait dalam pelaksanaan protek. Juga kepada Korem 032/Wbr yang turut andil mempercantik jajaran batu grip dengan penanaman pohon Cemara, “ucap Suryadi.

 

Dengan proyek ini juga membuat Pantai Padang semakin indah dan terhindar dari gelombang laut yang sebelumnya mengikis kawasan tersebut. Ada terlihat fenomena baru yang mempercantik Pantai Padang yakni kawasan batu grip disusun rapi membuat tertarik pengunjung yang berwisata.

 

Para pedagang juga berimbas positif dan mereka gembira karena bisa menyusun tempat duduk, meja dan tenda di atas batu yang tersusun rapi. Keindahan lokasi pun  kian mengagumkan para pengunjung kawasan itu. Apalagi di waktu malam hari, yang dihiasi dengan gemerlap cahaya lampu.***iz

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *