HEADLINE NEWS

Dinas Pendidikan Sumbar Diwakili Kabid PSMK Buka Sosialisasi KOSP di SMK N 1 Lubuk Sikaping

IKLAN



 Ariswan


Pasaman, prodeteksi.com ------  Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat gelar sosialisasi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), Senin - Rabu (13-15 November 2023. Dilaksanakan di Aula SMK N 1 Lubuk Sikaping Kabupaen Pasaman.


Kegiatan angkatan ke-2 ni dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat yang diwakili Kepala Bidang Pembinaan SMK, Dr. Ariswan, M.Pd. 


Dalam sambutannya, ia  mengucapkan selamat datang pada para peserta, khususnya dari luar Pasaman, yang mengikuti kegiatan di SMK N 1 Lubuk Sikaping yang dipimpin kepala sekolah, Muslim, M.Pd.


Dikatakan bahwa sosialisai dan fack fainding yang dilaksanakan itu merupakan kegiatan yang dipersiapkan bidang P SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. Hal ini merupakaian rangkaian kegiatan untuk pengembangan kurikulum SMK di Sumatera Barat. 


Ia bersyukur bahwa perkembangan SMK termasuk di Sumbar cukup mengembirakan dan terukur, ditandai dengan adanya sejumlah SMK yang telah menjadi Pusat Keunggulan (SMK PK) sebagai program pengembangan SMK yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri,dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan. 


Begitu juga katanya, adanya sejumlah  SMK yang saat ini telah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang diharapkan mampu meningkatkan mutu layanan pendidikan siswa SMK untuk memasuki dunia kerja.


Oleh karena itu ia berharap kepada kepala sekolah di Sumatera Barat untuk lebih kompetitif, kolaboratif dan inovatif dalam berupaya memajukan pendidikan di tingkat satuan pendidikan. Sebab, manejerial kepaala sekolah sangat berperan dalam membawa arah kemajuan sekolah ke depan..


Ariswan yang asal Pasaman ini juga menyampaikan arahan terkait salah satu teori tentang kinerja pekerja dan kepemimpinan, seperti teori X dan Teori Y yang dikembangkan oleh fakar Douglas McGregor pada tahun 1960.


Teori X jelasnya,  dalam manajemen sumber daya manusia. Bahwa gaya kepemimpinan ini memiliki sedikit atau tidak punya ambisi, menghindarkan diri dari pekerjaan atau tanggung jawab dan berorientasi pada tujuan individu,  merasa kurang cerdas, malas atau bekerja semata-mata untuk pendapatan. 


Sedangkan teori Y mengggambarkan bahwa orang-orang dalam angkatan kerja termotivasi secara internal, menikmati kerja  dan bekerja untuk memperbaiki diri tanpa imbalan langsung, cenderung mengambil tanggung jawab penuh atas pekerjaan mereka dan tidak memerlukan pengawasan konstan untuk menciptakan kualitas dan standar produk yang lebih tinggi. 



"Gaya manajerial dan tipe SDM keduanya ada dimana saja dalam organisai maupun dunia kependidikan. Oleh karena itu mari bapak ibu melakukan motivasi dan langkah langkah inovasi untuk peningkatan kinerja yang lebih baik untuk kemajuan SMK ke depan," harapnya. 

 


Sebelumnya, Kordinator Kurikulum Bidang Pembinaan SMK, Dra. Hj. Anita, M.M mengatakan, kegiatan sosialisasi dilaksanakan dalam rangka pengembangan KOSP dengan melibatkan komite di bawah koordinasi dan supervisi DInas Pendidikan.


Hal ini sesuai  PP No 57 Tahun 2021. Dalam hal ini Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat merasa penting untuk melaksanakan sosialisasi, evaluasi, validasi, implementasi KOSP tahun 2023.


Dikatakan bahwa sosialisasi angkatan ke-2 ini, diikuti sekitar 60 kepala sekolah SMK dari lima kabupaten kota. Yakni Pasaman, Pasaman Barat, Agam, Pariaman, dan Padang Pariaman.


Sedangkan angatan ke-1 dilaksanakan 9-11 November 2023 di Aula SMK N 1 Bukittinggi. Dan angkatan ke-3 dilaksanakan pada 16-18 November di SMK N 1 Painan Pesisir Selatan . Dengan peserta dari masing-masing SMK yang berada di kabupaten kota daerah sekitarnya.

***** Irti zamin



Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *