Pembangunan Puskesmas Parit kian Ditingkatkan, Menuju Pelayanan Prima




Peningkatan Pembangunan Puskesmas Parit Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat
Pasaman Barat, prodeteksi.com-----Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Dinas Kesehatan terus tingkatkan sarana prasarana pelayanan kesehatan. Tidak hanya peningkatan pembangunan Rumah Sakit, tapi juga peningkatan pembangunan puskesmas.

Salah satunya adalah pembangunan Gedung Baru Puskesmas Parit Kecamatan Koto Balingka pada tahun anggaran 2019 ini senilai Rp. 1.490.921.000. Bangunan berlantai dua tersebut dikerjakan oleh CV. Indra Jaya, dengan masa kerja 150 hari.

Pembangunan gedung ini dipacu oleh pihak kontraktor, dengan target selesai sebelum batas akhir masa kerja. Dengan dana DAK tersebut, dapat meingkatkan pembangunan fisik perkantoran dan pelayanan kesehatan di Puskesmas Parit.  

Yuslan Lubis
Gedung yang berukuran 12 x 16 Meter dibangun persis di depan pelayanan Puskesmas Parit, juga akan dilengkapi dengan tata lingkungan dan taman yang representatif. Bangunan tersebut terdiri dari ruang perkantoran puskesmas, ruang pimpinan, aula, gudang dan lainnya.

Kepala Puskesmas Parit, Ns. Yuslan Lubis, S.Kep mengatakan, sangat bersyukur dan berterima kasih atas adanya pembangunan gedung baru tersebut. Sebab, selama ini pihak puskesmas sangat terbatas ruangan. 

Bahkan ruang pelayanan pasien dan ruang kantor serta pimpinan selama ini kurang mendukung. Terkadang pertemuan pun atau kegiatan kegiatan rapat-rapat kantor sering dilakukan di ruang perawatan pasien.

“Peningkatan sarana dan prasarana Puskesmas Parit memang sangat dibutuhkan. Apalagi saat ini animo masyarakat untuk pelayanan kesehatan di puskesmas ini sejak jadi puskesmas rawatan, kian meningkat drastis, “ ujarnya, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut dikatakan, jika bangunan baru siap maka ruang perkantoran puskesmas akan dipindahkan ke gedung baru. Begitupun gudang akan difungsikan dan ruang pertemuan akan dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan rapat dan sosialisasi.

Diharapkan jelas Yuslan, ke depan status akreditasi Puskesmas Parit akan dapat ditingkatkan. Dari strata dasar menjadi madya dan mandiri serta purnama.    

Sebab, status akreditasi itu dipengaruhi ketersediaan dan kelengkapan perbekalan kesehatan, sarana, dan prasarana yang mendukung pelayanan kesehatan di Puskesmas itu sendiri.

Dengan peningkatan status akreditasi puskesmas Parit, tambah Yuslan, ke depan akan berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan sehingga mutu pelayanan puskesmas akan semakin jauh lebih baik.  ***irz

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.