Sukses Porprov 2020, Tergantung Keseriusan Pasbar



Lokasi Cabang Olahraga Sepakbola Pasbar, Sebuah Stadion yang Pembangunan Tribunnya Terbengkalai Akibat Putus Kontrak Tahun Anggaran 2018. Perlu Dilanjutkan untuk kesuksesan Porprov 2020.

Pasaman Barat, prodeteksi.com---PELAKSANAAN Pekan Olahraga Provinsi ( Porprov) tahun 2020, yang akan digelar di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), butuh kesungguhan dalam mempersiapkannya. Sebab sukses Porprov tersebut akan sangat tergantung dengan keseriusan Pasbar. 

KONI dan Pemkab Pasbar mesti betul –betul serius dalam mempersiapkan segala sesuatunya yang diperlukan. Sebab, tidak hanya sekedar terlaksana karena giliran sebagai tuan rumah, tapi hendaknya Pasbar percaya diri (Pede), sukses dan raih prestasi.

Demikian kata Najjar Lubis, tokoh masyarakat Pasaman Barat, dalam kesempatan bincang-bincang di lokasi Peridon Aek Nabirong belum lama ini. Hal ini terkait semakin dekatnya jadwal pelaksanaan Porprov, yang diperkirakan pada bulan November 2020..

Lebih lanjut disampaikan, untuk membuat percaya diri, maka kesiapan venue (lokasi) pertandingan hendaknya memadai dan memenuhi standar. Dalam hal ini Najjar siap membantu untuk melengkapi keterbatasan venue tersebut.

Sebagaimana saat ini di  lokasi Peridon Sport Center sedang disiapkan finishing beberapa venue untuk sejumlah cabang olahraga (Cabor). Seperti, Dayung Sampan, Arung Jeram, Renang, Motor Cross, off road dan panjat Tebing.

Namun katanya, perlu kejelasan dan respon yang pasti dari Pemkab Pasbar. Apalagi belakangan ini kesiapan Pemkab Pasbar menjadi sorotan berbagai pihak. Bahkan ada yang berpikir untuk ditunda pelaksanaannya sebagaimana dilansir sejumlah media belum lama ini.

Ketua LSM Topan RI Pasbar, Arwin Lubis, mengungkapkan kesiapan venue memang sangat dibutuhkan. Begitupun kualitas peneyelenggaraannya dan kesiapan atlet untuk meraih prestasi.

Sehingga katanya, nanti akan tampak hasilnya yang lebih baik. Maka pernyataan kesiapan Pasbar sebagai tuan rumah yang juga diyakini oleh KONI, Bahkan Bupati Pasbar, Yulianto, hendaknya diikuti dengan kebijakan dan aksi nyata serta terbukti nantinya dalam suatu hasil yang mebanggakan.

“Dari pantauan di lapangan, memang terdapat beberapa venue yang belum lengkap. Seperti tribun stadion Pasbar yang terbengkalai karena putus kontrak tahun anggaran 2018, yang ketika itu dananya dianggarkan mencapai Rp. 14 Milyar lebih, "ujarnya.

Selain itu lanjutnya, venue kolam renang dan lintasan atletik mesti dibangun mulai awal tahun 2020. Bahkan lapangan tenis pun perlu dilengkapi atap. Ini hendaknya bisa dianggarkan dan dipacu pembangunannya jelang porprov.

BM Satria Dwi Putra,
Ketua KONI Pasbar
Ketua KONI Pasaman Barat, BM Satria Dwi Putra kepada prodeteksi.com belum lama ini mengungkapkan, KONI Pasbar terus berupaya untuk berkerja maksimal. Baik kesiapan perangkat regulasi atau tata tertib porprov, maupun dalam mempersiapkan atlet sebagai upaya membantu Pemkab Pasbar mensuksekan pelaksanaan Porprov.

Targer prestasi tidak muluk -muluk, hanya 5 besar, dari sebelumnya berada pada posisi 11 besar. Namun menyangkut venue pertandingan, pengelolaan keolahragaan dan penganggarannya menurutnya, merupakan kewenangan pihak Pemkab Pasbar.

“KONI Pasbar siap membantu pemerintah daerah untuk terselenggaranya 33 Cabor Porprov yang direncanakan, dengan sukses dan lancar. Tapi kalau menyangkut pembangunan venue atau lokasi pertandingan dan pengelolaan  olahraga adalah kewenangan pemerintah, dalam hal ini Pemkab Pasbar, “ ujar Satria Dwi Putra.

Hal ini jelasnya, sesuai amanat UU No 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional. Sebagaimana dinyatakan dalam Pasal 38, bahwa Pengelolaan olahraga pada tingkat kabupaten/kota dilakukan oleh pemerintah kabupaten/kota dengan dibantu oleh komite olahraga kabupaten/kota.

Tapi ia optimis dengan Venue yang sederhana, yang sudah ada saat ini, porprov sudah bisa diselenggarakan. Tinggal 3 venue yang butuh disiapkan, yakni Tribun, Kolam Renang dan lintas atletik. Lainnya sudah bisa dipakai. Dan yang terpenting menurutnya adalah pelaksanaannya, yang baik, sukses dan lancar. ***irz

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.