Mahlil Usman, Dinilai Kompeten dan Leadership Sebagai Bakal Kandidat Pilkada Pasbar 2020


PROFIL

H. MAHLIL SUMAN, S.P, M.AP
Pasaman Barat, prodeteksi.com-----H. Mahlil Usman, SP, M.AP, nama tokoh muda yang tak asing lagi bagi sebagian masyarakat Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). Ia merupakan salah seorang tokoh Pasbar kelahiran Talu Kecamatan Talamau, 28 April 1977, yang diprediksi berpeluang untuk maju sebagai kandidat bakal calon bupati (Cabup) pada Pilkada Pasbar 2020.

Prosfek untuk maju dalam Pilkada Pasbar mendatang, seiring pula dengan niat dan tekad pria alumnus Sarjana Agrobisnis Pertanian ini, untuk  membangun Pasbar ke arah yg lebih baik lagi. 

Dengan berbekal pendidikan yang memadai, pengalaman organisasi, pengalaman pekerjaan dalam memenej sejumlah usaha dan perusahaan, membuat owner dan Direktur CV. Smart Auto Mobil ini punya kompetensi leadership (Kemampuan Memimpin) yang tak diragukan lagi. 

Dengan sejumlah usaha yang dirintis dan pengalamannya pada perusahaan multi nasional, tak heran, Senior Trainer Exelent Indonesia Sinergi ini, semakin dikenal luas masyarakat, khususnya Pasbar.

Pria yang punya hobi berolah raga ini juga tercatat sebagai pelatih beladiri kempo sejak berdomisili di Propinsi Riau. Bahkan ia pemegang lisensi wasit International cabor Soft Tenis yang pernah turun memimpin pertandingan Internasional pada even Asean Games di Palembang satu tahun lalu.

Di kalangan petani Pasbar, Mahlil Usman dikenal dekat dan akrab dengan beberapa petani, seperti sereh wangi karena dipercaya pula sebagai Ketua Asosiasi Petani Atsiri Pasbar.

Saat ini sudah malang melintang dalam pelatihan teknis minyak Atsiri. Bahkan pernah mengikuti pelatihan Prosedur Export Minyak Atsiri pada Kementrian Perdagangan di Jakarta

Dari kompetensi yang dimiliki Mahlil Usman, suami dari Sri Wahyu Pitri, yang dikaruniai tiga anak, beralamat di Perumnas YAPTIP ini, pernah juga dipercaya Dinas Pendidikan Pasbar sebagai Konsultan Teknik sewaktu pembangunan Dana DAK selama 3 tahun mulai tahun 2007 – 2010.

Sejak tahun 2017, Mahlil Usman dapat menyelesaikan pendidikan pasca sarjana (S2) nya pada Universitas Negeri Padang (UNP) Fakultas Ilmu Sosial jurusan Administrasi Negara, dengan predikat Cum Laude dengan perolehan IP 3.85, dan resmi meraih gelar M.AP (Megister Administrasi Publik)
Mahlil Usman dan Keluarga
Ketika ditanya tentang kesiapannya untuk maju dalam Pilkada Pasbar 2020, Mahlil Usman yang juga aktifis Muhammadiyah ini mengatakan, dengan tanpa ragu, bahwa ia siap untuk maju sebagai Cabup Pasbar 2020. Sekaligus mohon dukungan dan doa dari berbagai pihak dan masyarakat Pasbar.

“Berbekal dari pengalaman yang ada, Insya Allah saya siap maju pada Pilkada Pasbar 2020. Dengan suatu tekad dan visi memperbaiki sistim administrasi pemerintahan Kabupaten Pasaman Barat  dan membuat program yang paling dibutuhkan Pasbar saat ini, “ kata Mahlil, Kamis (07/11/2019).

Ia pun berharap restu Ilahi dan tak lupa mohon dukungan rakyat Pasbar maupun Parpol pengusung nantinya, karena tanpa dukungan dan kebersamaan dalam suatu perjuangan, akan sulit bahkan mustahil akan tercapai.

Sebagai langkah awal, Mahlil Usman, yang pernah dipercaya sebagai Ketua Umum KONI Pasaman Barat ( 2014-2018) ini, terus menjaga harmonisasi yang baik dengan berbagai pihak dan telah mendaftar sebagai bakal calon kandidat Cabup melalui penjaringan partai Politik (Parpol). Seperti yang dilakukan Partai Golkar dan partai lainnya.

Sederetan pengalaman Mahlil Usman selain yang disebut di atas, di antaranya, pernah menjadi Ketua umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Cabang Pasbar, Bendahara Umum KNPI dan Bendahara Umum Pimpinan Muhammadiyah Pasbar, serta Bendarahara DPD Golkar Pasaman Barat dan Pelatih Bela Diri Kempo Pasbar. 

Selain itu, pernah sebagai Sekretaris Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (2004 2008), Ketua Harian Pengurus Cabang PERKEMI Pasbar (2007-2010), Bendahara Umum Pelti (2005-2007), Sekretaris Majelis Ekonomi PD Muhammadiyah Pasbar (2007-2011) dan Sekretaris Dewan Pengurus Daerah MPI Pasbar (2010-2013)

Terus, Ketua Devisi Pengumpulan ZIS BAZDA Pasbar (2007-2010), Bendahara Umum PD Muhammadiyah ( 2010-2015) dan Koordinator Bidang Diklat Pengembangan Sumber Daya IPHI Pasbar (2011-2014).

Juga Ketua Pengurus Yayasan Rumah Gadang Talu ( 2011-sekarang), Ketua Umum BPC HIPMI Pasbar (2011-2014), Ketua Pengurus Yayasan Masjid Agung Darul Ilmi Pasbar (2013-2014) dan lainnya. 

Mahlil Usman, juga dikenal sebagai kader Golkar dan sebagai pengusaha swasta nasional.  Pengalamannya  mulai dari teknisi pada di PT. Altrak 1978 Jakarta dan Staf Technical  PT. Intraco Multi Penta.

Selain itu, Manager Bidang Heavy Equipment Management pad  PT. Sinar Mas Foresyry Division di Riau dan Anggota BP Perusahaan Daerah PD Mekar Jaya Madani Pasbar (2008-2010). ***irti zamin

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.