Syawal Suro, Berpeluang Dampingi Agus Susanto, Kandidat Pilkada Pasbar 2020

Drs. H. Syawal Suro
Pasaman Barat- prodeteksi.com----Salah seorang kandidat Calon Bupati ( Cabup) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) yang sudah menyatakan siap maju dalam Pilkada Pasbar 2020 jalur independen adalah H. Agus Susanto, SH, MH. Ini terlihat dari sejumlah baliho dan gambar yang bertuliskan bakal calon bupati yang terpasang di berbagai tempat.

Namun yang menjadi tanda tanya adalah siapa bakal calon wakil bupati (cawabup) yang akan mendampinginya sebagai pasangan calon. Sebab, sampai saat ini dia belum mengumumkan atau menyampaikan ke halayak public siapa bakal cawabup yang akan berpasaangan dengannya.

Akan tetapi, kabarnya, salah seorang bakal cawabup yang disebut-sebut adalah Ustadz Drs. H. Syawal Suro, seorang tokoh agamis dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasaman Barat, kini menjabat sebagai Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad)  

Syawal Suro yang juga dikenal sebagai kader dan pengurus nahdatul ulama dan mubaliq ini, ketika ditanyakan tanggapannya atas mencuatnya nama beliau sebagai bakal cawabup yang dilirik Agus Susanto, beberapa hari lalu, ia memberi respon positif dan dengan optimis ia mengatakan siap jika dipercaya beliau.

“Memang pak Agus Susanto termasuk bakal Cabup yang ada melakukan komunikasi dengan kita. Insya Allah saya siap jika dipilih beliau untuk mendampinginya dalam pilkada mendatang, “ kata Syawal Syuro, dengan nada tenag dan pelan serta serius disertai seulas senyuman.

Ketika ditanya statusnya yang masih PNS atau ASN yang sedang aktif di Kantor Kementerian Agama, ia menyatakan siap untuk mundur atau pengsiun dari jabatannya. Selagi merupakan tuntutan undang-undang, ia tidak ragu untuk mundur dari jabatan dan instansinya.

“Rezki, nasib dan garis tangan kita telah ditentukan oleh Allah SWT. Jika pun saya harus pengsiun lebih awal, kalau untuk berjuang di jalan yang diridhoiNYA, saya pasti siap, “ ucapnya meyakinkan.

Ia mengucapkan rasa syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT, namanya masuk dalam perbincangan bursa kandidat Pilkada 2020. Sebab, dari sekian banyak tokoh dan penduduk Pasbar, ia diperhitungkan sebagai kandidat cawabup, ujar Syawal Suro, yang alumni IAIN  Imam Bonjol dan tamatan Pesantren Mustofawiyah Purba Baru ini.

Syawal Suro, yang tinggal di Jl Tipo Indah Kapling Bandarjo Kecamatan Pasaman Pasbar ini, memang sangat optimis, jika dipadukan nasionalis-agamis, lebih membuka peluang dan meraih suara rakyat. 

Salah seorang Tim Agus Susanto, Rama Fernanda, SPd, ketika dihubungi Senin (16/12) mengataan, tidak bisa menjawab pasti siapa bakal cawabup yang akan mendampingi Agus Susanto. Sebab, yang akan menyampaikannya langsung nantinya adalah Agus Susanto sendiri.

“Kalau soal itu, saya tidak bisa jawab, sebaiknya langsung saja tanyakan sama beliau. Namun, tentang adanya kesiapan pak syawal syuro untuk jadi wakil pak Agus Susanto tentu suatu kehormatan untuk kami. Tapi keputusan tentu kembali ke pak Agus Susanto , kata Rama, yang sehari hari dipercaya Agus Susanto mengelola SMK IT Agus Susanto.

Mengenai kesiapan Agus Susanto maju jalur independen, menurut Rama, tak perlu diragukan lagi. Sebab dukungan dari masyarakat  dan pengumpulan KTP,  Alhamdulillah jelasnya, sudah terkumpul melebihi yang ditetapkan KPU. Tinggal langkah selanjutnya menyiapkan pemberkasan untuk diantar ke KPU Pasbar.

“Mengenai wakilnya, sekarang masih dalam pembahasan siapa yang pas untuk berpasangan dengan Pak Agus Susanto. Berbagai nama memang sudah mulai mengapung termasuk Pak Syawal Syuro, “ jelasnya.

H. Agus Susanto, SH, MH
Sementara itu, Bakal Cabup Pasbar jalur independen (non partai), Agus Susanto, SH,MH yang dikonfirmasi lewat phonselnya, ia merespon dengan kalimat simpel saja, bahwa katanya sekarang masih menunggu proses survey.

Ketika ditanya nama –nama yang saat ini sedang dipertimbangkan atau disurvey tersebut, Agus Susanto tidak menyebut nama. Namun yang pasti ia menyampaikan ada sekitar 7 nama yang saat ini sedang disurvey atau dikaji siapa yang mempunyai rating elektabilitas tertinggi.

Meski demikian, diprediksi 7 nama tersebut adalah, Sawal Syuro, Hermanto, Lili Syukri, Alamsyah, Decky Saputra, Mahlil Usman, dan Marta Gunawan. Namun ini hanya perkiraan saja, karena yang mengetahui pasti tentunya Agus Susanto sendiri, bersama tim kepercayaannya. ****irti z

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.