Ketua DPC SPRI : Peringatan HPN 2020 di Pasbar Cukup Istimewa, Ini Alasannya

Ketua DPC SPRI Pasbar, Irti Zamin, SS

Pasaman Barat , prodeteksi.com-----Momen peringatan hari pers Nasional, para insan pers di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) duduk bersama Bupati Pasbar, H. Yulianto bersama dengan seluruh perwakilan kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dalam rangka diskusi terbuka, sekaligus juga dalam rangka silaturrahmi, ramah tamah dan pencerahan informasi dari pemerintah daerah.

Kegiatan dilaksanakan di ruang pertemuan Rumah Dinas Bupati Pasbar, H. Yulianto, SH, di Kota Simpang Empat, Minggu (16/02/2020). Adapun peserta kegiatan sesuai undangan bupati,adalah sekda, staf ahli, asisten I, II dan III, Kepala OPD, Pengurus PWI, Pengurus SPRI,  Pengurus Balai Wartawan Pasbar, Pengurus AJO Pasbar, Wartawan media crtak, elektronik dan online yang bertugas di Pasbar.

Ketua DPC SPRI (Serikat Pers Republik Indonesia) Pasbar, Irti Zamin, SS, dalam kesempatan yang diberikan mengatakan,  kebersamaan antara pihak Pemkab dan insan pers, seperti dilaksanakan dalam momen HPN (Hari Pers Nasional) tersebut, merupakan langkah maju, dari Pemkab Pasbar melalui terobosan Diskominfo.

“Kami ucapkan terima kasih pada Pak Bupati dan jajarannya, semoga ke depan adanya peningkatan perhatian dan program terkait perkembangan pers di Pasaman Barat yang lebih baik, “kata Irti Zamin, wartawan seinior yang sejak tahun 2002 menekuni aktivitas jurnalistik di daerah tersebut.

Irti yang juga sebagai Pendiri dan Pemimpin Redaksi prodeteksi.com menilai adanya sinyal kebangkitan pers di Pasbar. Dan menurutnya cukup istimewa dibanding tahun sebelumnya.
“Momen Hari Pers di Pasbar tahun ini tampak lebih istimewa dibanding tahun sebelumnya. Hal ini ditandai dengan beberapa hal. Di antaranya, bangkitnya perkembangan dan aktivitas organisasi pers , baik PWI SPRI, Ajo Pasbar dan lainnya.

Kemudian, peningkatan keaktifan wartawan dalam menulis karya jurnalistik, baik berupa peristiwa, seremonial maupun kontrol sosial yang sangat positif untuk perbaikan kinerja dan evaluasi ke depan.

Selain itu, terbitnya sejumlah perusahaan pers di Pasbar. Seperti prodeteksi.com yang diterbitkan PT. PRO PERS INDONEISA, pimpinan Irti Zamin.

Dan satu lagi sebagai pertanda kemanajuan bidang pers adalah bagian yang terkait pelayanan peberitaan dan publikasi yang sebelumnya merupakan Bagian Humas. Sejak tahun 2020 ini dikembalikan kembali ke Dinas Kominfo. Semoga kedepan diharapkan adanya peningkatan terhadap kerjasama dengan insan pers.

Pada kesempatan tesebut SPRI mengajukan adanya pengnggaran uang liputan terhadap pemberitaan dan informasi kegiatan Pemkab serta peningkatan anggaran liputan khusus dan pariwara.

Bahkan,  sesuai klarifikasi dari BPK RI atas surat DPP SPRI Pusat bahwa BPK tidak melarang Pemerintah Daerah kerjasam dengan media yang belum terverifikasi Dewan Pers. Surat tersebut dikeluarkan BPK menjawab surat SPRI pada Desember 2019 yang lalu. Artinya jelas Irti, Pemda bisa jalin kontrak kerjasama dengan media selagi media tersebut mempunyai badan hukum atau legalitas formal sesai UU Pers No 40 Tahun  1999

Adapun pengurus DPC SPRI Pasbar yang hadir, selain Ketua Irti Zamin, SS. Juga di antaranya, Arwin Lubis (Sekretaris), Harun Zein (wakil Sekretaris), Indones (Wakil Ketua/ Ketua Pelaksana Har)i, Abu Bakar (Wakil Ketua), Donal (Bendahara/ Koor. Bid. Investigasi), Idenvi Susanto (wakil Bendahara/ Koor. Bid. Kode Etik), Efrimon (Humas), Yulisman (Koor. Bid. Litbang Organisasi), Azhari Nasution (Kord. Bid. Sosial dan Kesra) serta sejumlah anggota lainnya.****ar/zen/iz


Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.