Server Pusat Eror, Hari Pertama Gladi Bersih UNBK SMK Tertunda


Gladi Bersih UNBK SMK 
Pasaman Barat, prodeteksi.com----Pelaksanaan Gladi Bersih UNBK SMK tahun 2020 ini secara umum di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatera Barat (mengalami kendala sebagaimana yang terjadi di berbagai daerah di tanah air. Terutama pada hari pertama Senin (17/2), meskipun dicoba berulang kali sampai sore hari, namun  peserta ujian tak berhasil login ke puspendik pusat.

Informasi yang diperoleh menyebutkan,  eror terjadi pada server puspendik. Sehingga peserta yang antusias ingin mengikuti ujian simulasi terakhir jelang UNBK ini, terpaksa harus kecewa dan sebagian besar sekolah memulangkan siswa dan mengundur pelaksanaannya menjadi hari Kamis (20/02/2020)

“Benar bahwa Gladi Bersih UNBK hari pertama secara otomatis diundur dan akan dilaksankan pada Kamis (20/2/2020) mendatang,” kata Benni, HD Kabupaten (Operator SMK CERSA Pasaman).

Hal ini dialami juga oleh SMK TI Zamiga, SMKN 1 Koto Balingka, SMKN 1 Sei. Aur dan lainnya. Menurut Irti Zamin, SS, Kepala SMK Zamiga dan Ahmat Ramli, Kepala SMK 1 Koto Balingka, sekolah mereka juga mengalami hal serupa. 

Walaupun persiaapan kegiatan simulasi atau gladi bersih ini telah dipersiapkan secara maksimal di tingkat sekolah, Namun karena ada gangguan server pusat di Jakarta. Maka kegiatan hari pertama terpaksa dihentikan, ujarnya.

Ujian pada hari pertama itu, awalnya sempat bisa dibuka namun muncul perintah log out secara terus menerus. Lalu, kemudian sekitar pukul 08.30 wib baru ada pemberitahuan dari Web UNBK pusat yang menyatakan server sedang maintenance diperkirakan dari pukul 9-12 siang,

Namun ternyata, meski ditunggu hingga sore hari. Lagi-lagi tak bisa login, Para peserta pun merasa sebel dan sedikit kesal karena tidak bisa login untuk mengerjakan soal. 

Sekaitan dengan hal demikian, menurut Benni, HD Kabupaten, secara otomatis katanya berdasarkan pemberitahuan dari pusat, pelaksanaan hari pertama ditunda menjadi hari Kamis.

Maka, pihak sekolah di Pasbar sebagaimana dilaksanakan sekolah lainnya, menunda kegiatan ujian khusus hari pertama. Sedangkan pada hari kedua (selasa), server pusat sudah mulai membaik dan dengan kiat khusus, peserta dapat mengikuti Gladi Bersih.

Adapun kegiatan Gladi Bersih UNBK 2020 jenjang SMK, pada hari pertama, Bahasa Inggris. Dan pada hari kedua  Selasa, 18 Februari 2020, setiap siswa mengerjakan 3 Subtest. Yakni Subtest 1, Teori Kompetensi keahlian, Subtest 2, Pengenalan AKM  dan Subtest 3, Survey Karakter. ***irz

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.