Najjar Lubis : Jalan Lintas Pasbar - Sumut Terdekat, Perlu Segera Dibangun

Najjar Lubis
Pasaman Barat, prodeteksi.com--Ternyata ada Jalan alternatif yang layak dibangun yang merupakan jalan tembus Pasbar-Madina Sumatera Utara, yang lebih dekat dari jalan nasional lintas provinsi yang ada saat ini.

Menurut salah seorang Tokoh Masyarakat yang juga Perintis Lokasi Wisata Peridon Lubuk Manggis Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Najjar Lubis, jika jalan ini dibangun akan berdampak baik pada perkembangan perekonomian Pasbar, apalgi daerah sekitar seperti  kawasan Aek Nabirong Koto Balingka dan Ranah Batahan, lebih cepat keluar dari ketertinggalan dan mempunyai akses jalan yang memadai.


“Dengan adanya akses jalan yang memadai, perekonomian masyarakat akan meningkatkan, dimana akses jalan selama ini menjadi kendala jalur transportasi lalu lintas hasil bumi dan lainnya, “ kata Najjar dalam suatu kesempatan berbincang-bincang di Lokasi Renang Lubuk Manggis belum lama ini.

Untuk pengembangan ke depan demi kemajuan kawasan Pasbar bahkan Sumbar, ia melihat perlunya Dinas PUPR provinsi Sumatera barat, mendukung usulan dan program pembukaan Jalan Lintas ke Madina Sumatera Utara yang terdekat dari Pasbar.

Peta Lokasi Jalan Lintas Provinsi Terdekat
Jalur itu adalah dari Kawasan Aek Nabirong menuju Kampung Pinang (Lokasi TMMD saat ini) terus ke Sawah Mudik – Sigantang dan Madina Sumatera Utara. Hanya perlu membangun jalan sekitar 10 KM katanya sudah sampai ke perbatasan. Lalu, jalin kerjasama dengan Madina Sumut untuk menyambung jalan perbatatasan yang hanya beberapa kilometer.

Dibanding Jalan Lintas Barat saat ini yang melalui Kampung Baru- Taming Batahan-Simoang gambir – Madina justru lebih dekat sekitar 70 KM, jika melalui Aek Nabirong- Sawah Mudik-Sigantang- Madina.

Henny Ferniza, Kadis PUPR Pasbar
Untuk itu ia berharap proposal yang diajukan yang telah tanda tangani perwakilan dua kecamatan (Ranah Batahan dan Koto Balingka) dan sesuai survey yang dilakukan pihak PUPR Pasbar,  kiranya dapat disetujui dan Pemprov Sumbar mealalui instansi terkait dan dapat mengalokasikan dana untuk pembanguan jalan tempus ke Sumatra Utara tersebut.

“Diperkirakan hanya sepanjang 10 kilometer lagi dari ujung Jorong Sigantang sudah sampai ke perbatatasan Madina. Dan tidak ada medan yang berat karena zaman dahulu sudah sering dilewati warga disana untuk keperluan berdagang. Jadi sangat menguntungkan untuk perekonomian masyarakat jika jalan ini dibangun, “jelas Najjar

Lebih lanjut dikatakan, proposal pembangunan jalan tembus Sumatra Barat ke Sumatra Utara ini, selain memperlancar transpor kedua provinsi, potensi perekonomian Pasbar seperti pengembangan Teluk Tapang dan lainnya, akan berdampak baik karena adanya Jalan lintas Sumaterta Utara yang lebih dekat.

Hal tersebut disampaikan Najjar, ketika adanya kunjungan petinggi TNI Sumbar ke TMMD di Jorong Paraman Sawah, yang di hadiri oleh Dinas PUPR Pasaman Barat Henny Ferniza dan Camat dan jajarannya, beberapa waktu lalu.

Ketika media ini mengkonfirmasikan kepada Kepala Dinas PUPR Henny Ferniza mengatakan, pihaknya akan berusaha agar jalan tersebut segera terealisasi. Tentunya akan mengajukan hal ini ke Pemerintah Provinsi dan pusat.

Terkait pembebasan lahan, menurut Najjar tidak jadi persoalan karena adanya harapan masyarakat untuk pembukaan jalan tersebut. Apalagi dengan prospek asas manfaatnya yang sangat postif untuk kemajuan daerah sehingga masyarakat bersedia membantu kelancaran dan bertanggung jawab terhadap pembebasan lahan, ujarnya saat sesi makan bersama di Objek Wisata Peridon Lubuk Manggis Pasbar, ***ar/irti z

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.