Situjuah Tingkatkan Disiplin Covid, Sales dan KSP Dilarang Masuk

pemeriksaan ketat bagi siapa saja
yang memasuki
wilayah ini.
Limapuluh Kota, prodeteksi.com - Upaya pencegahan penularan Covid-19, Pemerintah Nagari Situjuah Gadang, Kecamatan Situjuah Limo Nagari melakukan pemeriksaan ketat bagi siapa saja yang memasuki wilayahnya.

Tak hanya itu, di kenagarian tersebut setiap sales dan kredit simpan pinjam dilarang keras untuk masuk. Bahkan, demi mepertegas hal itu dipajang sebuah banner yang dipampang dipos penjagaan masing-masing Jorong.

"Kita memang melakukan pemeriksaan ketat bagi siapa saja yang masuk ke daerah kami," ujar Walinagari Situjuah Gadang, Syofiar Ledi kepada wartawan prodeteksi 

Hal ini sesuai dengan intruksi pemerintah kabupaten Limapuluh Kota, yang meminta setiap nagari 
mendirikan pos penangan pencegahan Covid 19 di masing-masing nagari. 

"Ini, untuk keselamatan kita bersama, Bahkan dinagari kami, setiap jorong memiliki pos penangan sendiri. Tujuannnya agar pemeriksaan lebih efektif,"sebutnya.

Dijelaskan walinagari, selain pemeriksaan setiap pendatang juga harus diseprot disinfektan, dan bagi perantau yang pulang kampung, pihaknya akan melakukan isolasi secara mandiri dengan tepat dan benar dirumah masing-masing selama 14 hari.

Begitu juga bagi masyarakat yang ada anak dan familynya akan pulang kampung, harus melapor kepada kepala Jorong masing-masing, supaya bisa dilakukan penyemprotan di rumahnya.

Selain itu, bagi keluarga dan masyarakat juga dihimbau tidak keluar rumah dari jam 20.00 sampai jam 06.00 wib. "Setiap keluarga harus menjaga keluarga masing-masing, agar nagari kami Situjuah Gadang bebas dari musibah virus corona yang bisa menular kepada dunsanak dan keluarga kami," sebutnya.

Sementara itu, bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi ketika meninjau berapa pos penangan di Nagari Situjuah Gadang mengapresiasi upaya masyarakat tersebut.

"Intruksi yang disampai pemerintah daerah berjalan dengan baik. Mudah-mudahan dengan langkah ini dapat mencegah penularan wabah Covid 19 di Limapuluh Kota,"sebutnya, Senin (20/4).

Untuk itu, ia mengajak nagari lainnya untuk lebih meningkatkan pemeriksaan bagi siapa saja yang masuk ke nagari, serta rutin melakukan penyemprotan disinfektan sebagai antisipasi pencegahan Covid 19.

“Kami mengapresiasi upaya Pemerintahan Nagari Situjuah Gadang dalam upaya pencegahan penanganan covid-19. Dimana, seluruh masyarakat menjaga dan mencegah penyebaran virus itu mulai dari tingkat nagari” jelas bupati.

Dikatakanya, nagari bisa melakukan upaya pencegahan seperti menyediakan tempat mencuci tangan di setiap rumah dan mengimbau warga yang datang dari luar daerah untuk melakukan isolasi mandiri.

”Mencegah penyebaran Virus ini harus kesadaran bersama, sehingga tidak hanya dilakukan pemerintah semata. Karena sejatinya melawan Covid 19 merupakan tugas kita bersama-sama,” tutupnya. (SN)

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.