Pasbar dalam Sorotan, FTBPPB Temui Bupati Yulianto

Peduli Persoalan Pasbar, FTBPPB Temui Bupati H Yulianto
Pasaman Barat, prodeteksi.com-----Belakangan, sejumlah persoalan dan masalah mengemuka dan jadi sorotan publik di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Mulai dari masalah pembangunan hingga persoalan birokrasi dan hubungan antar lembaga, yang bisa berdampak menurunnya konsentrasi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Pasbar.       

Terkait masalah kekinian tersebut, mengundang keprihatinan berbagai pihak. Bahkan sejumlah tokoh yang tergabung dalam Forum Tuah Basamo Peduli Pasaman Barat (FTBPPB) menemui Bupati Pasbar, H Yulianto, Senin (20/07/2020) di Auditorium Kantor Bupati Pasbar di Simpang Empat Pasaman Barat. 

Forum yang diketuai Dr.H.Achmad Namlis.MM, dengan spirit perjuangan Tuah Basamo melakukan pertemuan dengan Bupati Pasbar. Mereka menyampaikan beberapa hal yang terkait berbagai masalah di daerah pemekaran tersebut.

Beberapa pengurus FTBPPB yang hadir, di antaranya Drs.H. Zambri. Mantan PJ. Bupati Pasbar (Penasehat), Imam Jendri FH, SAg, Msi (Sekretaris), Yasmarwin. SPd. (Bendahara). Kepala Bidang isu strategis dan Pembangunan Lili Syukri DJ, Spi Dt. Majo Endah, Kabid sosial politik dan Ormas Afrizal Terry. SE, dan Kabid pemuda dan LSM Mardianto SE.

Dalam kesempatan itu, Ahmad Namlis menyampaikan beberapa point sebagai pokok-pokok pikiran dan desakan kepada Bupati Pasbar, H. Yulianto, SH., MM untuk diperbaiki dan ditindak lanjuti.

Salah satunya meminta Bupati Pasbar untuk mengakomodir dan mengkoordinir antara lembaga, instansi, OPD dalam menjalankan persoalan yang semestinya belum masuk ke dalam ranah hukum. Diantaranya, persoalan BNPB/ BPBD Pasbar dengan person Ketua DPRD Pasbar. Juga persoalan internal RSUD Pasbar, persoalan internal PUPR Pasbar dan percepatan penyelesaian 72 nagari persiapan se Pasbar yang belum juga depenitif.

Selain itu,  Bupati H. Yulianto diminta untuk mampu menyatukan birokrasi dan semua kekuatan yang ada untuk tidak menyimpang dari prinsip- prinsip pemerintahan menuju tata kelola pemeintahan yang baik dengan satu komando dibawah tanggung jawab Bupati.

Terus, memantapkan Tugas Pokok dan Fungsi (tupoksi) Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menyimpang dari ketentuan Undang-Undang ASN Nomor 5 Tahun 2014 dengan memberikan sanksi yang jelas dan tegas serta tidak terlibat politik paktis secara aktif dalam menjalankan tugasnya

Bupati juga diminta meningkatkan jalinan komunikasi aktif dan koordinatif dalam mengambil kebijakan dan tugas terutama dalam kepentingan masyarakat.

Dan satu hal menyangkut pembangunan, Bupati Pasbar diharapkan dapat mengalokasikan anggaran Tahun Anggaran 2021 dalam KUA/PPAS  sebesar 30% dari alokasi dana pembangunan untuk dijadikan skala prioritas pembangunan infrastruktur Jalan dan Jembatan

Poin terakhir. mendesak Bupati mengevaluasi dan mengaudit penggunaan dana lebih kurang Rp 19 miliar di BPBD dan lebih kurang Rp. 10,4 miliar di Dinas Kesehatan yang telah dianggarkan untuk penanggulangan Covid-19 tahun 2020 dan segera diaudit oleh lembaga pengawas internal dan eksternal.

FTBPPB Serahkan Surat Kepedulian Masalah Pasbar kepada Bupati Yulianto
H. Yulianto,  menyampaikan  terimakasih kepada Forum FTBPPB yang sudah berpartisipasi memikirkan Pasbar lebih bagus ke depan. Menurutnya terkait pernyataan beberapa point di atas, ia belum bisa menyampaikan jawaban pada saat ini, namun akan berupaya menyelesaikan permasalahan tersebut.

Sementara itu salah seorang pengurus FTBPPB, Lili Syukri kepada prodeteksi mengatakan, pertemuan mereka dengan Bupati telah menyampaikan berbagai hal masalah kekinian saat ini. Hal ini merupakan wujud kepedulian mereka untuk menjaga nama baik Pabsar dan demi kemajuan daerah ke depan.

“Kita telah sampaikan beberapa poin penting, termasuk saran pencabupan pengaduan terkait persolan BPBD Versus Ketua DPRD yang jadi sorotan media dan publik. Namun jawaban bupati belum tegas dan masih menunggu kebijhakan selanjutnya. Untuk itu dalam sebulan mendatang kita akan temuai bupati kembali, “ terang Lili. ***irti z

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.