Hari Pertama, KPU Pasbar Terima Pendaftaran 4 Paslon

Tahapan Pencalonan. KPU Pasbar Terima Pendaftaran 4 Pasang Calon Bupati dan Wakil Bupati pada Jum'at (4/9/2020)

Pasaman Barat, prodeteksi.com-----Hari pertama pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Jum’at (4/9/2020), Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat terima pendaftaran empat pasang calon (Paslon).

Awalnya, sema pasangan calon (5 pasang)  mengonfirmasi akan mendaftar ke  KPU Pasbar pada hari Jumat kemaren, namun sampai Jam16.00, yang hadir dan diregistrasi hanya  4 Paslon. Keempat paslon tersebut diproses pendafatarannya oleh KPU dan berakhir jelang magrib.

Ketua KPU Pasbar, Alharis, SPd, menyebutkan, keempat Paslon yang mendaftar secara antrian sesuai kedatangan yang lebih awal, yang pertama mendaftar adalah pasangan H.Yulianto, - Syafrial.Pasangan ini mendatangi KPU Pasbar pada siang hari siap Jum’at, dari yang semula dijadwalkan pada pagi hari, namun ketika itu dikabarkan terkendala hasil swab belum keluar.

Proses Pendaftaran Pasangan Calon di KPU Pasbar

“Konfirmasi awal memang pasangan pak Yulianto akan mendaftar pagi hari, namun karena terhambat hasil swabnya belum keluar maka pendaftarannya tertunda siang itu, “ jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, KPU hanya mengkomunikasikan ke paslon, bahwa iapa yang datang pada jam awal, itu yang diregistrasi terlebih dahulu, terhitung mereka datang bukan berdasarkan nomor, tapi antrian. Dengan ketentuan yang diproses yang registrasi sampai jam 4 sorte, jelasnya.

Setelah pasangan Yulianto-Syafrial, Seterusnya Pasangan yang mendaftar Jum’at itu adalah H. Hamsuardi- Risnawanto. Kemudian H. Agus Susanto-Rommy Chandra dan terakhir, pasangan H. Maryanto-Yulisman.

Sedangkan satu pasang lagi (H. Erick Haryo-H.Syawal Suro), yang tidak jadi mendaftar pada hari pertama, dijadwakan mendaftar pada hari kedua Sabtu.

“Alhamdulillah proses pendaftaran hari pertama berjalan dengan lancar. Keempat pasang kandidat dapat kita selesaikan pendaftarannya sampai jelang magrib. Berikutnya menunggu verifikasi terkait keabsahan dokumen yang diserahkan, “ kata Alharis.

Dijelaskan, keempat paslon telah menyerahkan semua persyaratan yang diminta. Artinya cekilis persyaratan telah ada untuk semua dokumen yang diminta. Yang paling pertama diminta adalah surat dukungan pencalonan bagi yang mencalon dari partai politik. Dan hasil verifikasi dukungan calon perseorangan untuk jalur non partai.

“Persyaratan yang kita terima ditulis ada atau tidak ada. Semua pasang persyaratannya telah ada, tinggal verifikasi keabsahan, seperti legalisir, dan lainnya.


KPU juga sebelumnya mengingatkan kepada paslon serta para pendukung agar saat pendaftaran mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Sehinga para paslon dan rombongan yang diizinkan masuk juga dibatasi jumlah dan yang memakai masker, mencuci tangan dan jaga jarak. **Irz

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.