Pelantikan Kacu Pramuka Zamiga Islamic Boarding School Sukses dan Lancar

 

Upaca Pelantikan Kacu Pramuka di Zamiga Islamic Boarding School

Pasaman Barat, prodeteksi.com----Gugus Tugas Pramuka MTs PP Zamiga dan SMK TI Zamiga Parit Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatera Barat, sukses melaksanakan kegiatan Pelantikan Kacu Pramuka, Kamis (8/10/2020).

Kegiatan Upaca Pelantikan Kacu Pramuka tersebut dilaksanakan di Halaman Utama Komplek  Zamiga Islamic Baording School (Pesantren Zamiga), yang berlokasi di pusat Kecamatan Koto Balingka, Jl. Diponegoro Jorong Parit. 

Kegiatan Upacara Pelantikan Kacui Pramuka Pesantren ZAMIGA (MTs-SMK Zamiga)

Kegiatan dikoornir dan dibina oleh Pembina Pramuka, Rangga beserta beberapa anggota tim dan diikuti sejumlah santri yang umumnya punya minat dalam bidang kepramukaan.

Acara ini berlangsung dengan sukses dan lancar. Diawali dengan sejumlah rangkaian uji kompetensi kepramukaan dan keterampilan santri baik bidang ilmu kepramukaan, ilmu umum, keagamaan, pengenalan sandi,  dan latihan dasar PBB serta lainnya sesuai kelompok masing masing. Dan tak luput juga dari penerapan sanksi atas kesalahan peserta didik dalam menjalani serangkaian kegiatan tersebut.

Pemasangan Kacu Pramuka Secara Simblis

Rangkaian kegiatan yang awalnya direncanakan dengan meaksanakan hiking ke luar lokasi Zamiga, namun karena cuaca yang tidak mengizinkan karena hujan yang berkepanjangan, akhirnya dipusatkan di Komplek lingkungan Zamiga. Lalu kemudian digelar upacara pelantikan Kacu Pramuka.

Dalam upacara pelantikan, secara simbolis pembina mamasangkan kacu pada Satri yang diwakili oleh Tria Fitri Utami (Putri) dan Muhammad Al-Ghana (Putra). Bertindak sebagai Pemimpin Upacara Alhuda Muhtar serta Pembina Upacara Rangga Sastra, S.Pd.

Kegiatan Upacara Pelantikan Kacui Pramuka Pesantren ZAMIGA (MTs-SMK Zamiga)


Menurut Rangga, Pelantikan Kacu merupakan kegiatan yang dilakukan kepada siswa untuk menjadi anggota pramuka seutuhnya. Selain itu, pelantikan kacu berperan menjadikan siswa yang kuat, bertanggungjawab dan tangguh dalam kedaan apapun.

“Dengan telah terlaksananya pelantikan ini, maka kacu yang dipakai dapat dipertanggung jawabkan sehingga dapat menjadi contoh untuk siswa yang lain. Dan diharapkan senantiasa memperlihatkan perilaku yang baik dimanapun baik di sekolah dan di masyarakat sesuai dengan Dhasadarma dan Trisatya yang menjadi junjungan Pramuka, “jelas Rangga.

Kegiatan Upacara Pelantikan Kacui Pramuka Pesantren ZAMIGA (MTs-SMK Zamiga)


Pimpinan Zamiga, Irti Zamin, SS mengatakan, pramuka memang merupakan salah satu ekstra wajid pada Zamiga Islamic Boarding School yang dimasukkan dalam jadwal pembelajaran pagi, diharapkan dapat mendukung pembentukan kompetensi sikap sosial peserta didik, seperti  sikap peduli.

Disamping juga jelasnya, sebagai wadah penegakan disiplin dan penguatan pembelajaran berbasis pengamatan serta memperkuat kompetensi keterampilannya dalam ranah konkrit. Yang akhirnya diharapkan dapat membentuk watak dan karakter kepribadian anak terpelajar.

Irti Zamin SS Mengucapkan Selamat Pelantikan Kacu Pramuka ZAMIGA

Dia mengucapkan selamat pada siswa yang telah mengikuti pelantikan kacu. Menurutnya ini merupakan langkah awal untuk kemajuan pramuka Zamiga. Dan sekaligus menandakan keseriusan dalam membina kepramukaan di Pesantren Zamiga.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini peserta didik akan lebih mengenal apa itu pramuka dan dapat mengambil makna dan pelajaran yang positif untuk diterapkan di lingugan sekolah maupun masyarakat. Dan yang tak kalah pentingnya dapat mewujudkan sikap dan karakter anak bangsa yang terpelajar dan memberi contoh yang baik, “harapnya. *** irz

Foto Foto Rangkaian Kegiatan Pelantikan Kacu Pramuka ZAMIGA

























Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.