HEADLINE NEWS

Apresiasi Peran Pers dalam Pilkada, Bawaslu Pasbar Beri Penghargaan Sejumlah Wartawan

IKLAN

 

 
 Bawaslu Pasbar Apresiasi Peran Pers dalam Pengawasan Pilkada




Pasaman Barat, prodeteksi.com----Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, telah terlaksana dengan sukses  di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatera Barat. Walau tentunya masih terdapat sejumlah kritikan dan masukan untuk perbaikan kinerja pelaksana pemilu termasuk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).


Sebagai pengawas penyelenggaraan pemilu, Bawaslu Pasbar telah berupaya bekerja optimal dan menjalin kemitraan dengan berbagai pihak. Termasuk dengan wartawan media cetak, elektronik dan online. Salah satunya dengan cara sharing informasi untuk optimalisasi pengawasan.


Sebagai ungkapan apresiasi dari Bawaslu, mereka mengundang  sejumlah wartawan dan perwakilan organisasi pers untuk silaturrahmi, sekaligus memberikan penghargaan.


 Emra Patria, Ketua Bawaslu Pasbar


“Alhamdulilah pengawasan Pilkada 2020 berjalan dengan baik. Hal ini tentunya berkat kerjasama yang baik dengan berbagai  elemen masyarakat dan lembaga yang ada termasuk dengan wartawan dan organisasi pers. Oleh karena itu di momen Ulang Tahun Bawaslu ke- 13 ini, kami mengundang sejumlah wartawan untuk silaturrahmi dan sekalgus memberikan penghargaan, “ kata Ketua Bawaslu, Emra Patria, didampingi Sekretaris Bawaslu Fajri dan Komisioner lainnya, Beldia Putra dan Aditia Pratama, Jumat (9/4/2021) di Kantor Bawaslu Pasbar.


Dikatakan, penghargaan terhadap sejumlah jurnalis tersebut merupakan hadiah Bawaslu di momen Hari Ulang Tahun Bawaslu RI ke 13. Juga merupakan   ungkapan terima kasih atas kerjasama kemitraan yang berjalan baik. Walau menurut Emra, ada kritikan dan berita yang menyoroti kinerja Bawaslu, tapi diakuinya hal itu tetap dalam kerangka membangun dan meningkatkan kinerja pengawasan.



“Kita tak tertutup dengan informasi yang bersifat kritikan atau sorotan, selagi hal itu sesuai kondisi di lapangan yang tentunya butuh perhatian yang lebih baik dalam melakukan pengawasan sesuai kewenangan bawaslu, “ujar Ketua Bawaslu Pasbar, Emra Patria.


Lebih lanjut dikatan, keberadaan pers dalam sosialisasi pengawasan pemilu juga berperan dalam memperlancar dan suksesnya pengawasan. Dia berharap jalinan kemitraan tersebut ke depan tetap berlanjut. 


"Bagi kami pers adalah sahabat, karena fungsi dan tugas pers di Pasaman Barat sangat besar manfaat dan kerjasamanya selama ini, baik dalam hal kontrol atau pengawasan maupun memberikan informasi yang terkait dengan tugas-tugas Bawaslu," sebutnya.




Adapun, sejumlah wartawan yang menerima sertifikat piagam penghargaan dari Bawaslu Pasbar, di antaranya, Irti Zamin, SS,  Yulison,  Junir, Altas, Zulnasti, Roy, Andika, Andika S, Fadli, Idenvi S, Ruswar D, Osni wati, Dodi I, Irfansyah, Hendi, A. Romi, Septia R, Iyan, El Saputra, dan wartawan Radio Surya.


Sedangkan organisasi pers yang diberi penghargaan, di antaranya, Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI), (PWI), AJO, HIPSI, AWI, AWPI dan IWO.


Sementara itu, Irti Zamin,SS yang juga Pemimpin Redaksi prodeteksi.com dan Ketua DPC SPRI Pasbar, didampingi Sekretaris SPRI, Arwin Lubis dan Bendahara, Donal Siahaan menilai positif kegiatan Bawaslu Pasbar yang memberi piagam penghargaan pada sejumlah jurnalis dan organisasi pers.


“Kita juga mengapresiasi perhatian Bawaslu Pasbar atas upaya jalinan kemitraan dengan pihak media dan organisasi pers. Kiranya ke depan jalinan silaturrahmi ini akan lebih baik lagi, “ kata Irti yang juga wartawan Tabloid ZAMAN yang aktif sejak tahun 2002.


Selanjutnya Irti Zamin atas nama media online prodeteksi.com dan Tabloid ZAMAN beserta Keluarga Besar DPC. SPRI Pasbar   mengucapkan  Selamat Ulang Tahun Bawaslu ke-13, Semoga Bawaslu ke depan lebih sukses menjalankan tugas dan berhasil menjadi instrumen penyelenggaraan pemilu yang demokratis. Dan  kiranya ini menjadi awal dari perubahan untuk memicu lompatan besar bagi kemajuan yang signifikan sesuai harapan Bawaslu Pusat.***red/iz




Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *