HEADLINE NEWS

Dewan Ambalan Pramuka Penegak SMK TI Zamiga Dilantik, Menuju Gerakan Pramuka yang Kian Aktif

IKLAN

 

 Pengurus Dewan Ambalan Pramuka pada Gugus Tugas SMK TI ZAMIGA
 

Pasaman Barat, prodeteksi.com----Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Informatika Zaminul Ghairi (SMK TI ZAMIGA) Parit Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), gelar pemilihan dan pelantikan Pengurus Dewan Ambalan Pramuka pada Gugus Tugas SMK berbasis pesantren tersebut. 



Ambalan Penegak atau sering hanya disebut ambalan adalah satuan organik dalam Gerakan Pramuka yang terdiri atas paling banyak 32 orang Pramuka Penegak. Pradana adalah Ketua Dewan Penegak Putra dan Pradani adalah Ketua Dewan Penegak Putri.




Enam orang siswa terpilih sebagai Dewan Ambalan TP. 2021/2022. Mereka adalah, Ihsanul Amri (Ketua/ pradana), Muhammad Al-Ghana, Muhammar Husain dan 3 orang lagi, Rahmadina (Ketua/ pradani), Yunia Aminni dan Miftahul Khoiriyah.


 Pelantikan Pengurua Ambalan Pramuka  SMK TI ZAMIGA TP. 2021/2022


Pelantikan dilakukan oleh Kepala Sekolah, Irti Zamin, SS melalui Guru Pelatih Pembina Kepramukaan, Rangga Sastra dan tim pembina lainnya, Sabtu(11/09/2021), di halaman terbuka SMK TI Zamiga. 


Dalam amanatnya, Rangga Sastra menyebutkan, Ambalan Penegak pramuka merupakan tempat pembinaan pramuka berusia 16 sampai 20 tahun yang disebut Pramuka Penegak.  


 Foto bersama Tim Pembina Pramuka Zamiga


“Pembentukan ambalan ini bertujuan untuk memudahkan penghimpunan, pengelolaan, penggerakan dan pengarahan peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan Pramuka Penegak yang lebih aktif lagi, khususnya di SMK Ti Zamiga untuk mencapai tujuannya, “ jelas Rangga.


Lanjutnya, suatu aspek yang hendak ditumbuhkan dalam pendampingan gerakan pramuka itu tak lain adalah semangat pengabdian dan pelayanan. Tekad ini perlu terus ditanamkan pada jiwa-jiwa muda generasi millennial agar semakin membumi. 




Sementara itu, Kepala SMK TI Zamiga, Irti Zamin, SS  mengatakan, pendidikan pramuka di sekolah tersebut menjadi kegiatan kokurikuler dan wajib yang dimasukkan dalam pembelajaran pagi. Integrasi pramuka ke dalam pendidikan formal ini, didasari atas pentingnya generasi milennial untuk mewarisi, melanjutkan perjuangan,dan merawat bangsa yang telah diperjuangkan oleh para pendahulunya.




Menurutnya, meski pada masa pandemic COVID 19 saat ini tidak menyurutkan semangat dan jiwa-jiwa gerakan pramuka Zamiga, yang akhirnya  digelar pelantikan Ambalan. Dan trisatya Pramuka pun terucap dari Pradana dan pengurus dewan ambalan masa bakti 2021-2022.


Diharapkan katanya, pengurus terpilih akan menjadi contoh dan panutan yang baik terhadap perkembangan pramuka ini ke depan,dan semoga bisa membawa pramuka lebih maju,bermartabat dan berkarakter. ****tria/iz





Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *