HEADLINE NEWS

Kemah Pramuka ZAMIGA 2021 Dibuka Sekcam Koto Balingka

IKLAN

 

 Camat Koto Balingka  diwakili Sekretaris Camat  Erita Nauli, S.STP membuka secara resmi Kegiatan perkemahan pramuka  ZAMIGA 2021


Pasaman Barat, prodeteksi.com------Camat Koto Balingka (Koba) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) yang diwakili Sekretaris Camat (Sekcam), Erita Nauli, S.STP membuka secara resmi Kegiatan perkemahan pramuka Penggalang MTs PP Zamiga dan Penegak SMK TI Zamiga, Jum’at (22/10/2021). Bertempat di Bumi Perkemahan (Bumper) Batang Lapu Nagari Parit.



Kegitan perkemahan pramuka sekaligus pelantikan Tanda Kecekapan Umum (TKU) ini dilaksanakan 22 - 24 Oktober 2021 oleh Gudep MTs PP Zamiga dan SMK TI Zamiga yang dikoordinir guru pembina pramuka, Rangga Sastra bersama tim pembina lainnya. Dihadiri juga oleh Kamabigus, Irti Zamin, SS, Walinagari Parit yang diwakili Hendra Mulyanto, Camat Koto Balinga yang diwakili Sekcam, Erita Nauli, S.STP serta undangan lainnya dan peserta perkemahan. 



Perkemahan diiukuti sejumlah siswa (penggalang dan penegak), yang aktif dan punya minat yang tinggi dalam ekstra wajib pramuka di ZAMIGA. Dengan semangat mereka tampak mengikuti kegiatan dengan penuh antusias.




Sekcam Koto Balingka, Erita Nauli dalam sambutannya mengucapkan selamat pada seluruh peserta perkemahan yang telah mendapat kesempatan dengan izin orangtua mengikuti kegiatan. Ia berhadap kegiatan dapat berjalan dengan sukses dan lancar. Dan peserta pun dapat tambahan bekal ilmu dan pengalaman khususnya bidang kepramukaan.



“Banyak ilmu dan pengalaman yang diperoleh dalam kegiatan pramuka. Baik berupa pelatihan kecakapan seperti PBB, kedisiplinan, loyalitas dan lainnya. Bahkan dilatih untuk taat  aturan, kalau siap, ya siap, kalau istirahat ya istirahat dan patuh ketentuan lainya, “ kata Rita Nauli.



Lanjutnya, siswa yang menjiwai gerakan pramuka, biasanya punya disiplin yang baik dan juga loyalitas yang tinggi. Dan pengalaman ini pun sangat bermanfaat untuk melanjutkan pendidikan. Apalagi bagi tamatan SMK Zamiga untuk masuk perguruan tinggi atau sekolah kedinasan maupun sekolah masuk TNI – Polri.





“Kesempatan ini jangan adek-adek sia-siakan, belajarlah pramuka ini dengan baik. Mudah-mudahan kalau melihat semangatnya nampaknya sangat tinggi. Ini saya lihat dari wajahya para adek-adek semuanya, “ sebutnya.



Ia juga berpesan untuk tetap jaga sikap dan jaga etika. Baik sesama peserta laki-laki dan perempuan, dengan lingkungan alam terbuka, jaga cara bicara, jangan latah terhadap alam baik itu tumbuh-tumbuhan dan lainnya. “Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses serta selamat sampai kegiatan selesai, “ harapnya.


Selain itu, ia juga meminta agar peserta tetap jaga kesehatan, jaga pola makan. Sehingga nanti diharapkan dapat mengikuti kegiatan dengan lancar. 




“Setelah kegiatan ini tentu masih ada lagi tingkatan lebih lanjut. semoga pengalaman perkemahan ini akan sangat bermanfaat bagi adek-adek. Apalagi sebagai penerus generasi ke depan yang tangguh dan siap menghadapi perkembangan zaman dan teknologi, “ucapnya.



Sebelumnya, Wali Nagari yang diwakili Hendra Mulyanto mengungkapkan apresiasi positif atas kegiatan perkemahan khususnya yang dilaksanakan MTs-SMK Zamiga. Semoga ia berharap bahwa bidang kepramukaan ini akan lebih aktif lagi di Nagari Parit Kecamatan Koto Balingka.




“Kita dari pemerintah nagari sangat mendukung kegiatan kepramukaan seperti ini. Karena dapat menanamkan sikap dan prilaku yang lebih baik pada siswa. Seperti peningkatan kreatifitas, kedisiplinan dan menjadi benteng terhadap pengaruh narkoba, “ kata Hendra.



Lanjutnya generasi muda saat ini sangat rawan terhadap pengaruh narkoba dan kenakalan remaja. Ia berharap dengan jiwa pramuka dapat menghidari perilaku demikian. Apalagi Zamiga sebagai lembaga pendidikan pesantren. Ia sangat optimis Zamiga akan lebih diminati masyarakat dan lebih maju lagi ke depan.


Sementara itu Kamabigus MTs- SMK Zamiga, Irti Zamin, SS mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang turut perhatian dan mendukung jalannya kegiatan. Semoga kegiatan berjalan dengan sukses dan lancar. Serta perbuatan kebaikan akan dibalas oleh Allah SWT dengan pahala yang berlipat.




Ia juga menyampaikan bahwa momen pelaksanaan perkemahan pramuka Zamiga ini bertepatan dengan Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober. 


“Kita ucapkan selamat hari santri nasional 2021 dan selamat mengikuti perkemahan kepada para santri. Tetap jaga sikap yang baik dan tidak meninggalkan sholat lima waktu karena dalam agenda perkemahan pramuka Zamiga ini sangat mengutamakan kegiatan islami. Bahkan nantinya akan diberi pengargaan kepada peserta pramuka teladan, ujarnya memberi motivasi **** i/z/red









Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *