HEADLINE NEWS

Data Sementara Akibat Gempa, 6 Meninggal, Ribuan Rumah Rusak di Pasbar

IKLAN


 Masyarakat mengungsi di berbagai lokasi pasca gempa Pasbar yang terjadi 25 Feb 2022


Pasaman Barat, prodeteksi.com-----Hingga Senin 28 Februari 2022, data sementara dampak gempa yang bermagnitudo 6,2 yang terjadi Jumat (25/2) mengakibatkan 6 orang dilaporkan meninggal dunia dan 1.366 unit rumah rusak.


 Gempa dahsyat tersebut bersumber dari daratan namun berakibat fatal. Masyarakat Kabupaten Pasaan Barat (Pasbar) berduka.   

 

Kerusakan ribuan rumah tersebut tersebar di berbagai titik lokasi dan terparah di Kecamatan Talamau Pasaman Barat.

 

Koordinator Posko data gempa Pemkab Pasaman Barat, Afrizal Azhar di Simpang Empat mengatakan, di Kecamatan Talamau rumah warga yang mengalami rusak berat sebanyak 150 unit, rusak sedang dan rusak ringan sebanyak 350 unit.


Kemudian di Kecamatan Kinali rusak berat 30 unit, rusak sedang 51 unit dan rusak ringan 229 unit. Sedangkan di Nagari Kapa Kecamatan Luhak Nan Duo rusak ringan sebanyak dua unit.


 Terus, di Kecamatan Gunung Tuleh rusak ringan dua unit, Nagari Aua Kuniang Kecamatan Pasaman rusak berat sebanyak 217, rusak sedang 249 unit dan rusak ringan 63 unit rumah.


Kerusakan juga terjadi di Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo. Dengan rusak sedang 17 unit dan rusak ringan lima unit serta di Kecamatan Sungai Aur Pondok rusak ringan sebanyak satu unit.


"Ini data sementara kerusakan rumah masyarakat yang berhasil dihimpun di lapangan selain kerusakan fasilitas umum lainnya. Data ini bisa berubah karena petugas masih terus melakukan verifikasi dan validasi di lapangan," katanya Senin, kepada wartawan.

 

Ia juga menjelaskan, untuk korban meninggal dunia sebanyak 6 orang, luka berat 22 orang, luka sedang dan luka ringan 42 orang. Selain itu juga terjadi kerusakan enam fasilitas sekolah, empat fasilitas kesehatan dan kerusakan jalan di Kecamatan Talamau.


Data pengungsi hingga Senin mencapai 8.000 orang tersebar di beberapa titik pengungsian. Seperti di Jorong Timbo Abu sebanyak 1.000 orang, Jorong Mudik Simpang 1.500 orang, lapangan bola Jorong Limpato 1.500 orang, lapangan bola Kampung Tangah Jorong Pasa Lamo 1.000 orang.


Kemudian, di kantor bupati Pasaman Barat 2.800 orang, Suka Menanti Kecamatan Pasaman 200 orang serta warga yang mengungsi di depan rumah masing-masing menggunakan tenda.


Ditabahkan, jumlah lokasi pengungsian ada sembilan titik yang tersebar di Kecamatan Talamau, Kinali dan Pasaman. Namun sebagian kecil pengungsi juga sudah ada yang pulang ke rumah masing-masing. ****net/iz


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *