HEADLINE NEWS

Diguncang Gempa Dahsyat, Warga Pasbar Berhamburan Keluar Rumah

IKLAN

 

 Kerusakan pada salah satu Masjid di Kajai Talaau Pasbar

Pasaman Barat, prodeteksi.com---- Getaran gempa yang sangat kuat mengguncang Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat , Jumat (25/2/2022) pagi. Peristiwa itu membuat warga berhamburan keluar rumah dan menyebabkan kerusakan sejumlah bangunan dan rumah penduduk.

 

 

"Gempa kali ini sangat terasa kuat, sehingga kami langsung berhamburan ke luar rumah," kata beberapa orang warga  di Pasaan Barat.


Gempa terjadi dua kali dan yang kedua kalinya gterasa  lebih kuat dari yang pertama. Selain kepanikan warga sejulah pasien di puskesmas dan rumah sakit juga berhamburan ke luar bangunan.



Inforasi yang diperoleh kerusakan sejulah bangunan dan fasilitas umum terjadi daerah Kajai Talamau. Dan dimungkinkan sumber gempa berasal dari Gunung Talamau.



 

Diketahui kemudian bahwa gempa yang mengguncang Pasbar itu terjadi sekitar pukul 08. 40 WIB yang berkekuatan 6, 2 SR. Dari rilis BMKG gempa bersumber dari daratan dan tidak berpotensi tsunami.


Sementara itu Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pasaman Barat Azhar membenarkan terjadinya  gempa yang membuat masyarakat berhamburan ke luar rumah. Selain itu, juga menyebabkan banyak bangunan yang mengalami kerusakan. Namun pihaknya masih masih melakukan pendataan di lapangan.




Dari data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut terjadi di 0,14 Lintang Utara dan 99,99 Bujur Timur. "Gempa terjadi di 18 kilometer Timur Laut Pasbar dengan kedalaman 10 kilometer. *** irz


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *