HEADLINE NEWS

Semangat Masyarakat Sabajulu Goro Perbaiki Jalan Pemda, Luar Biasa…!

IKLAN


 Semangat tinggi untuk meraih kemerdekaan bidang infrastruktur jalan demi kelancaran transportasi, masyarakat Sawah Mudik Ranah Batahan bergotong royong perbaiki jalan pemda ( Kp. Pinang - Muara Binongo) 


Pasaman Barat, prodeteksi.com -----Wajar, berbagai pihak mengucapkan rasa salut dan apreasisi yang tinggi pada masyarakat Sabajulu Jorong Sawah Mudik Nagari Batahan Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). 


Betapa tidak,  bagai berjuang meraih kemerdekaan, dengan semangat tinggi mereka bergotong royong (Goro) perbaiki Jalan Muara Binongo (Paraman Sawah) - Kampung Pinang - Sabajulu-, yang berstatus jalan kabupaten atau jalan pemda.


 Goro Masyarakat Sawah Mudik di Jalan Kp. Pinang - Muara Binongo Ranah Batahan


Untuk diketahui bahwa, Jalan Muara Binongo - Kampung Pinang - Sabajulu – Sigantang ini sebenarnya merupakan  jalan lama yang mengandung nilai historis. 


Sebab, para tetua di sana, sejak  zaman Belanda telah menempuh jalan ini yang ketika itu masih jalan setapak. Dan masih menempuh jembatan gantung di atas Sungai Batang Batahan di Muara Binongo.


 Goro Masyarakat Sawah Mudik di Jalan Kp. Pinang - Muara Binongo Ranah Batahan



Jalan Kampung Pinang – Muara Binongo ini sempat tak terawat sejak dibangunnya jembatan provinsi yang permanen di Lubuk Manggis Aek Nabirong Nagari Parik Kecaatan Koto Balingka. Dan sejak tahun 2006/2007, umumnya masyarakat dari Sawah Mudik dan Sigantang menempuh jalan Lubuk Manggis ini.


Kini, masyarakat bertekad memanfaatkan Jalan-Muara Binongo- Kp. Pinang –Sawah Mudik sebagai jalan utama. Tentunya dengan berbagai pertimbangan.


 Goro Masyarakat Sawah Mudik di Jalan Kp. Pinang - Muara Binongo Ranah Batahan



Di antaranya, selain jalur ini berada dalam satu kawasan Nagari Batahan yang menautkan antar jorong. Jalan ini juga dimanfatkan 7 jorong untuk mendapatkan pelayanan nagari persiapan  yang berkantor di Sawah Mudik dan lebih dekat ke arah Silaping, ibukota kecamatan Ranah Batahan serta ditunjang dengan  telah dibangunnya jembatan permanen di Muara Binongo sejak beberapa tahun lalu. 


Jalan-Muara Binongo- Kp. Pinang, sepanjang 4,2 KM ini, juga pernah dikeraskan tahun 2020 dengan kegiatan TMMD. Namun saat ini karena belum diaspal, terjadi kerusakan badan jalan dengan hamparan sirtu yang mulai terkikis habis, jalan terjal yang bertanah liat, berbagai titik lumpur dan jalan yang bersemak. Dan yang pasti masih terkendala untuk dilalui kenderaan roda empat.


 Goro Masyarakat Sawah Mudik di Jalan Kp. Pinang - Muara Binongo Ranah Batahan



Mengingat hal itu, maka berdasarkan hasil musyawarah masyarakat Sabajulu  pada 17 Maret 2022, sepakat untuk bergotong royong dengan menghimpun bantuan dari berbagai pihak termasuk perantau dan masyarakat sekitar. Gotong royongpun mulai dilaksanakan. Tahap pertama  dimulai Sabtu 19 Maret selema beberapa hari.


Tak kurang 200 warga Sabajulu (Sawah Mudik) ketika itu tumpah ruah, bersatu, bergotong royong membersihkan dan meratakan jalan Kampung Pinang - Paraman Sawah. Baik secara manual maupun dengan merental alat berat.


 Goro Masyarakat Sawah Mudik di Jalan Kp. Pinang - Muara Binongo Ranah Batahan



"Alhamdulillah masyarakat sangat kompak dan rela meluangkan waktu dan tenaga walau di tengah kesulitan ekonomi saat ini. Bahkan dengan membawa peralatan seadanya, tidak kenal cuaca panas, masyarakat tetap semangat, " kata Muzayin Irsadi, Pj Wali Nagari Batahan Utara ketika itu.


Sejak Sabtu itu seluruh masyarakat Sabajulu yang ingin  bepergian ke arah Silaping telah memanfaatkan jalan ini. Baik pelajar, maupun umum.


 Goro Masyarakat Sawah Mudik di Jalan Kp. Pinang - Muara Binongo Ranah Batahan



Salah seorang tokoh masyarakat, M. Riad Zamin Lubis mengatakan, masyarakat sangat berharap agar Jalan Kampung Pinang- Paraman Sawah tersebut segera diaspal. Bahkan perwakilan asyarakat sudah menemui bupati Pasbar. Sebab, kondisi saat ini masih ada sejumlah badan jalan yang terjal dengan kondisi tanah liat. Sehingga jika musim hujan akan sangat licin dan tak dapat ditempuh, khususnya kenderaan roda empat. 


"Untuk kelancaran angkutan bahan perdagangan dan kebutuhan sehari hari maka masyarakat memutuskan untuk bergotong royong hingga dapat dilalui dengan lancar, “ jelas Riad.


 Goro Masyarakat Sawah Mudik di Jalan Kp. Pinang - Muara Binongo Ranah Batahan



Goro tahap kedua dilakukan lagi sejak beberapa hari yang lalu, dengan target mengeraskan dan merabat beton jalan yang sulit dilalalui. Minimal untuk jalan mobil bisa lebih lancar.


Ditambahkan juga oleh Kepala Jorong Sawah Mudik, Ahmad Hanafi, bahwa fokus goro masyarakat setidaknya ada di tiga titik lokasi untuk  merabat jalan. Dua titik di Aek Alubi dan 1 titik di sekitar Koje Jae dekat Kampung Pinang. Ditargetkan bisa rampung jelang ramadhan 1443 H.


 Goro Masyarakat Sawah Mudik di Jalan Kp. Pinang - Muara Binongo Ranah Batahan



‘Alhadulillan berkat kekompakan warga dan semangat bergotong royong, kondisi jalan sudah lebih baik dan sebagian telah dicor dan dirabat beton. Ini tak lepas dari bantuan berbagai pihak yang perhatian dan berkenan menyumbang. Namun ini tentu masih bersifat sementara. Kita berharap Pemkab Pasbar segera menuntaskan pengaspalan hingga 2023 sesuai janji pak bupati, “terang Hanafi 

   

Saat ini bantuan masih terus dihimpun dari berbagai pihak, terutama para tokoh masyarakat,  perantau dan warga Ranah Batahan dan sekitarnya, umumnya warga Pasbar yang peduli.  


 Goro Masyarakat Sawah Mudik di Jalan Kp. Pinang - Muara Binongo Ranah Batahan



Hingga 30 Maret, daftar nama yang telah menyumbang dengan beragam nominal sesuai kemampuan dan keikhlasan masing-masing sudah hampir 60 orang. Di antaranya,  Aswan, Arlan, Maskud, A.Yasir lbs, M. Ali Husni lbs, Ali Mukhsin, A Fajri Lbs, Damanhuri Lbs, Alpan, Riad Zamin, Nora, Nata, Basroh Lubis, Eka puspita, Mhd. Ali lubis.


Terus, Amlan lubis, Kahfi, Partimbulan, Wanri, Mujur Maroha, Chen, Yeri sandi, Mursyid, H M Rajani MTd, Gontam Yusuf, M.Yasid Pangambiran,Yogi lbs, Miswar mtd, Rasoki, Syahrimar Nst, Parlagutan Lubis, Napri Lubis, Hamba Allah, Ashar, Parmohonan, Bajora Matondang, Sarlija Pulungan, Kasman Nasution, Riza mtd, Darwis hrp, Saharlan pp, Agus morsip, H Maryanto , Aswan, Asqelani, Yanda nst,Talangan, Hj Iswarti, Anwar nst, Ican pp, Ir Agusri (bugi slp, Lesta mtd, Anang tb pdg, Muhandar, Irti Zamin, Parlaungan, Edimar  dan H. Efridal/Gendut slp.  


Total sumbangan yang telah terkumpul sebanyak Rp 30.195.000,-  Sumbangan bisa diterima dalam bentuk bahan atau uang tunai. ****irti z














Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *