HEADLINE NEWS

RAT Ke1 KSU ASIAINDO Sukses, Acara Pembukaan Dihadiri Camat Ranah Batahan

IKLAN

LIPUTAN KHUSUS

 Foto bersama para pengurus dan anggota KSU ASIAINDO bersama Camat Ranah Batahan, H. Halman dan Guru SMPN 1 Ranah Batahan, Sanggar Lubis yang aktif tahun 1990-an dalam kegiatan pembukaan RAT ke 1 di Silaping,


Pasaman Barat, prodeteksi.com--- Koperasi Serba Usaha (KSU) Asosiasi Investor Alumni Indonesia ( ASIAINDO) sukses laksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) pertama di Gedung SMPN 1 Ranah Batahan Silaping, Minggu (9/10). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh H. Halman, SP, pembina yang saat ini juga sebagai Camat Ranah Batahan.


Koperasi yang fukus bergerak di bidang pendanaan dan investasi ini baru berusia satu tahun sejak  terbentuk pada bulan Juni 2021. Didirikan alumni SMP N 1 Silaping tahun 1990 yang diketuai oleh Borkat Timbulan Lubis, pengusaha di Jakarta dengan anggota koperasi 31 orang yang berdoisili di Ranah Batahan dan beberapa kota lainnya  


 Ketua ASIAINDO, Borkat Timbulan Lubis



 "Alhdulullah pada hari ini kita semua dapat berkumpul di ruangan ini, berkolaborasi sambil reunian dan melaksanakan RAT pertama. Dan ini sangat istimewa karena dihadiri juga oleh Bapak camat Ranah Batahan dan salah seorang guru kita tahun 90-an Bapak Sanggar Lubis, " kata Borkat Lubis dalam sambutannya. 


Menurutnya, pelaksanaan RAT merupakan suatu keharusan bagi pengurus dalam rangka menyapaikan pertanggungjawaban sekali setahun.  Dia berharap koperasi ini menjadi contoh bagi lebaga lainnya.

 Kegiatan RAT


Dijelaskan , ASIAINDO merupakan koperasi yang beda dengan koperasi lainnya karena kehadiran KSU ini mirip dengan perusahaan. Manajemennya professional, akutabilitas, disiplin punya visi misi yang jelas, punya konsep. Bahakn dalam dua atau lima tahun ke depan ditargetkan anggota telah mendapat honor bulanan.


Lanjutnya, ASIAINDO lebih fokus pada investasi dan pendanaan. Bahwa KSU yang telah berbadan hukum resmi ini lebih fucus pada sektor keuangan dan investasi. 


"Kita siap untuk kembangkan KSU ini sebagai penyandang dana untuk investasi dalam berbagai bidang usaha kalau perlu kita juga siap mengajak kerjasama investor besar, " ulas Borkat..




Badan Pengawas ASIAINDO juga  mengatakan rasa syukur bahwa pengurus telah dapat melewati berbagai rintangan dalam menjalankan koperasi. Dia juga merasa bangga dapat bergabung dengan koperasi yang punya visi misi yang jelas dan berada di lingkungan yang luar biasa.


Sementara, perwakilan Lepala SMP N Silaping, Yulia Erna mengungkapkan rasa syukur para dengan adanya kegiatan reunian itu sekaligus  juga dapat menjalin silaturrahmi antar angkatan 90-an yang datang dari berbagai daerah menyatu dalam suatu wadah . Dia juga mengucapkan terima kasih atas bantuan drambsnd dari Ketua Asiaindo .


Salah seorang guru yang aktif tahun 90-an, Sanggar Lubis.  juga medngungkapkan rasa terimakasih dan bangga atas terbentuknya koperasi ini setahun lalu. Apalagi baru kali ini alumni SMP Silaping tersebut mebentuk wadah kesatuan dalam bentuk usaha atau koperasi, Semoga harapnya, menjadi cikal bakal untuk kemajuan dan membangkitkan  semangat para alumni lainnya dari sekolah tersebut.




Sementara itu, Camat Ranah Batahan, H. Halman dalam pembukaan RAT mengucapkan rasa syukur dan bangga bahwa para generasi Ranah Batahan khususnya alumni SMPN 1 Ranah Batahan telah berbuat suatu hal yang membanggakan yakni dengan pendirian KSU ASIAINDO.


Sebagai pembina dan juga sebagai camat, dia sangat mendukung adanya inovasi dan gebrakan terutama untuk kemajuan daerah. Pihak kecamatan sendiri selalu berupaya berinovasin dalam enjalankan program pemerintah daerah dan dalam memudahkan serta meningkatkan layanan pada masyarakat.

 Halman, Camay Ranah Batahan


Ia berharap dengan kehadiran KSU ASIAINDO akan dapat berkontribusi dalam  mempercepat kemajuan daerah, mensejahterakan anggota dan dapat menjadi contoh pada koiperasi lainnya.


Untuk diketahui KSU ASIAINDO ini merupakan  pertama bidang investasi di Pasbar yang berbasis nasional, dipelopori Borkat Timbulan Lubis, Perantau asal Ranah Batahan di Jakarta, bersama rekan lainnya yang merupakan satu alumni dari SMP Negeri Silaping tahun 1990, baik yang berada di perantauan maupun yang berdomisili di Ranah Batahan.


Tujuan pendirian KSU ini untuk terciptanya suatu badan usaha milik bersama (berbentuk koperasi modern) yang menjadi penggerak investasi berkelanjutan atau pemegang saham di berbagai investasi, asset dan usaha. Sehingga anggota mendapatkan manfaat peningkatan ekonomi dan sekaligus turut serta memajukan perekonomian Indonesia melalui peran aktif di bidang investasi dan keuangan secara jangka panjang dan berkesinambungan.


 


Beberapa program kegiatannya, seperti  pendirian berbagai unit usaha bisnis terbaik dan pilihan di wilayah Pasaman Barat,  akuisisi dan take over berbagai asset dan usaha terbaik, menjadi mitra strategis investor dari seluruh Indonesia di Pasaman Barat dan  menjadi mitra strategis Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat dalam menjalankan program pembangunan.

 

Adapun bidang usaha koperasi ini, diantaranya adalah usaha jasa keuangan dan perbankan syariah, usaha jasa investasi dan pembiayaan syariah, usaha jasa pengadaan barang, pembebasan tanah, dan usaha jasa sarana dan fasilitas olahraga.

 


 Selain itu, juga dapat membuka usaha jasa perdagangan, usaha jasa fasilitas umum ( pelabuhan, pasar, bandara udara dll) ,eksport, import dan perdagangan, angkutan / transportasi, pariwisata ( hotel, restoran, rekreasi, hiburan dan objek wisata, agro wisata, dan lainnya.

 

Juga dapat bergerak di bidang jasa pengadaan barang, jasa toko swalayan,  pusat perbelanjaan,  jasa konstruksi dan pembangunan, jasa realestate, properti,  jasa pendidikan, riset dan penelitian, service elektronik dan penjualan elektronik, konsultan managemen, arsitektur,  even organizer, juga jasa simpan pinjam dan bidang lainnya yang memungkinkan. ***irz

 

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *