HEADLINE NEWS

Paskibra Koto Balingka Dikukuhkan, Ini Kata Camat Bahrul Ilmi

IKLAN


 Pengukuhan Anggota Paskibra Koto Balingka 


Pasaman Barat, prodeteksi.com ----Camat Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat, Bahrul Ilmi  secara resmi mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kecamatan Koto Balingka  pada Selasa, 15 Agustus 2023 sekira pukul 15:00 WIB di AULA Kantor Kecamatan Koto Balingka. 


Kegiatan pengukuhan ini  juga dihadiri oleh anggota polsek Sungai Beremas, anggota Danramil Sungai Beremas, Kepala KUA Koto Balingka dan para panitia pelaksana HUT ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023.



Camat Bahrul Ilmi mengatakan,  Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) merupakan salah satu elemen penting dalam perayaan hari-hari besar nasional Indonesia. Paskibra memiliki peran sentral dalam mengibarkan dan menurunkan bendera Merah Putih sebagai simbol kemerdekaan dan kebanggaan bangsa.

Menurutnya, pengukuhan bermakna bahwa  anggota Paskibra punya jiwa ksatria. Berjiwa juang tinggi, berdisiplin tinggi dan  bertanggung jawab serta  merupakan generasi bangsa yang berprilaku sesuai dengan norma agama  Pancasila. 



Dalam kesempatan itu camat juga menanyakan kesiapan para anggota paskibra. 

" Apakan anak anak ku bersedia memelihara Pancasila, dan apakah bersedia menyebarluaskan ilmu yang diperoleh. Juga  bersediakah mengucapkan ikrar putra putri Indonesia " tanya cabat yang dijawab dengan ucapan "siap bersedia" jawab anggota paskibra dengan serentak dan tegas 



Ikrar putra putri indonesia yang disampaikan camat, di antaranya, bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, betanah Air satu tanah air Indonesia dan berbangsa satu bangsa Indonesia. 


Selain itu, ikrar dan tekad menjaga ideologi negara ideologi Pancasila  serta taat pada konstitusi UUD 1945. Juga ikrar  menjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa Indonesia  serta berkomitmen menuju masyarakat adil dan makmur di bawah ridho dan Rahmat Tuhan yang Maha Esa.



" Pengukuhan selesai seiring dengan ucapan ikrar tadi,  dan saya ucapkan selamat bertugas dalam pengibaran dan penurunan bendara pada upacara HUT RI 17 Agustus ini, " ucap camat. 

Adapun anggota Paskibra Kecamatan Koto Balingka berjumlah 34 orang terdiri dari 10 orang putri dan 24 orang putra. Berasal dari  SMAN 1 Koto Balingka, SMK N 1  Koto Balingka dan SMK TI ZAMIGA Parit. 



Mereka dipilih setelah melaksanakan seleksi di tingkat sekolah dan telah menjalankan pelatihan terlebih dahulu di kecamatan .

Paskibraka ini nantinya akan bertugas sebagai pasukan pengibar bendera dan penurunan bendera saat Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT RI ke 78 tingkat kecamatan Koto Balingka. ***Irti z

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *