HEADLINE NEWS

Bupati Pasbar Diwakili Kepala DPMN, Randy Hendrawan Melantik Pj. Walinagari Batahan Utara, Totop Yusuf Matondang

IKLAN

 LIPUTAN KHUSUS


 Pelantikan Pj Wali Nagari Batahan Utara, Totop oleh Kepala DPMN, Randy Hendrawan  mewakili Bupati Pasbar

Pasaman Barat, prodeteksi.com ---- Penjabat (Pj) Wali Nagari Batahan Utara Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat mengalami pergantian, dari penjabat lama, Muzayin Irsadi kepada PJ Wali Nagari yang Baru, Totop Yusuf Matondang. Selanjutnya, Muzayin Irsadi kemabali aktif sebagai Kasi Pemerintahan Kantor Camat Ranah Batahan.

 

 

Bupati Pasaman Barat (Pasbar) yang diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN), Randy Hendrawan, S.IP, M.Si melantik PJ. Wali Nagari Batahan Utara yang baru, Totop Yusuf Matondang, Senin (4/9/2023) di Silaping Ranah Batahan.

 

 

Pada kesempatan itu sekaligus dilaksanakan serahterima jabatan dari Penjabat  lama, Muzayin Irsadi kepada Pj Wali Nagari yang baru, Totop yang sebelumnya menjabat Sekretaris Nagari Batahan (nagari induk). Serahterima juga dilaksanakan dari Ketua PKK Nagari Batahan Utara yang lama kepada Ketua PKK yang baru.

 

 

 Kegiatan Pelantikan Wali Nagari Batahan Utara

Kepala DPMN, Randy Hendrawan dalam sambutannya  mengatakan bahwa atas Nama Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat mengucapkan terimakasih kepada Penjabat Wali Nagari yang lama atas kerjasamanya selama ini dan Selamat kepada Penjabat Wali Nagari yang baru saja dilantik. Ia berharap Nagari Batahan Utara akan lebih maju lagi ke depan.

 

 

“Semoga kedepannya Nagari Batahan Utara Kecamatan Ranah Batahan ini akan lebih baik lagi dalam Tata kelola pemerintahan, pengeleloaan keuangan, pelayanan masyarakat, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat nagari, “kata Randy

 

Ia menjelaskan bahwa beberapa tugas Pj. Wali Nagari kedepan yang harus segera dilaksanakan, di antaranya adalah percepatan Pengesahan APB Nagari Tahun 2023 yg sudah di Evaluasi bersama Tim Kabupaten Pasaman Barat sebagai APB Nagari perdana pasca peresmian nagari tanggal 23 Maret 2023.

 

Terus, pelaksanaan Pansel Perangkat Nagari yang masih kosong, pembentukan Lembaga Kemasyarakat Desa (LKD) berdasarkan Permendagri 18 Tahun 2018 terdiri dari: Kader Posyandu, LPMN, Karang Taruna, TP.PKK Nagari, RT/RW/Dusun dan juga pembentukan Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag)

 

 Kegiatan Pelantikan Wali Nagari Batahan Utara


Selain itu lanjut Randy Pj Wali Nagari Batahan Utara yang baru juga diminta segera menyusun Rancangan Peraturan Nagari di Nagari Batahan Utara. Dan yang sangat penting adalah mendukung Program Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat yaitu: Magrib mengaji, Pondok/Tahfidz Quran, Berobat Gratis (program UHC) dan sebagainya.

 

Menurut Randy dalam mengejar ketertinggalan dari nagari lain, tentu diperlukan kerja keras dan kerjasama dengan masyarakat dalam memajukan nagari. Apalagi jelasnya, Nagari Batahan Utara merupakan salah satu dari 90 Nagari di Kabupaten Pasaman Barat yang sesuai Data Indeks Desa Membangun (IDM) yang masih berstatus Tertinggal.

 

 

Ia juga menyebut nagari lain yang masih tertinggak seperti  Nagari  Sikilang Sungai Aur Selatan, Maligi, Bahoras dan Sungai Janiah Talu.

 

 Pj. Wali Nagari Batahan, Totop bersama Ketua PKK Nagari

“Sehubungan dengan ketertinggalan tersebut, tentunya butuh kerja keras dan dukungan berbagai pihak untuk bisa melaksanakan pembangunan di nagari dengan memanfaatkan seluruh potensi yang ada. Dukungan seluruh lintas sektor sangat dibutuhkan, baik eksekutif maupun legislatif melalui alokasi anggaran pusat, provinsi dan kabupaten untuk pembangunan di Nagari Batahan Utara termasuk pihak Swasta dan Swadaya Masyarakat di Nagari, “jelasnya.

 

 

Harapannya ke depan adalah agar APB Nagari TA. 2024 se-Kabupaten Pasaman Barat sudah mendapatkan Dana Desa (DD) dari Pemerintah Pusat dan Sumber Dana lainnya dari Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat salah satunya Dana Bagi Hasil Pajak dan Retribusi sehingga Nagari tidak hanya mendapatkan Alokasi Dana Nagari (ADN) saja seperti Tahun 2023 ini

 

 Kegiatan Pelantikan Wali Nagari Batahan Utara


Lanjutnya, “Nagari Batahan Utara hendaknya bisa menjadi lebih baik dan berprestasi lagi dibandingkan nagari lainnya karena Pj. Wali Nagari yang saat ini dilantik adalah Putra Daerah Nagari Batahan Utara yang mempunyai pengalaman. Sebab, sudah pernah sebagai Sekretaris Nagari di Nagari Batahan dengan waktu yang cukup lama. Tentunya sudah paham regulasi, tata kelola pemerintahan dan strategi yang akan diambil dalam membangun nagari kedepannya, “harapnya..

 

  

Maka yang sangat penting juga kara Randy  adalah menjalin kerjasama yang baik dengan Forkopimca dan lintas sektor lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan dan keamanan masyarakat di nagari. **** irti z

 


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *