HEADLINE NEWS

Pelaksanaan UKK SMK N 1 Pasaman Sukses, Wujudkan Lulusan Kompeten

IKLAN

 LIUTAN KHUSUS

 Kepala SMKN 1 Pasaman, Edi Supandri, S.Pd, M.PdT ketika memantau jalannya pelaksanaan UKK TP. 2023/ 2024


Pasaman Barat, prodeteksi.com ----- Sekolah Menengah Kejuruannya (SMK) Negeri 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat melaksanakan Uji Kompetensi Kejuruan (UKK), selama 4 hari. Yakni Rabu - Sabtu ( 24 - 27 April 2024).


UKK dilaksanakan pada empat kompetensi keahlian. Yakni Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP). dengan skema UKK bersama  Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 yang memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). yang telah memenuhi syarat untuk melakukan kegiatan sertifikasi profesi.

 

 


Kompetensi keahlian yang kedua adalah Tata Boga. Pada jurusan ini, skema UKK.dilaksanakan kerjasama asosiasi PHRI ( Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia) 


Ketiga, Kompetensi Keahlian Perbankan dengan skema  industri perbankan. Dan keempat perkantoran konsentrasi logistik dengan skema kerjasama dunia industri bersama  ZATAKA Padang.


 Kepala SMKN 1 Pasaman, Edi Supandri, S.Pd, M.PdT, didampingi Assesor Eksternal, Lutfi  ketika memantau jalannya pelaksanaan UKK TP. 2023/ 2024, jurusan tata boga/ kuliner

Kepala SMK N 1 Pasaman, Edi Supanri, S.Pd, M.PdT yang ditemui beberapa hari lalu, mengatakan, salah satu keunggulan sekolah kejuruan adalah adanya UKK. Menurutnya, melalui UKK akan dapat mengetahui tingkat capaian hasil belajar/kompetensi peserta didik,  dan juga mengetahui pencapaian kurikulum. 


Hasil UKK lanjut Edi, akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan dan bagi stakeholder akan dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja.


 UKK Jurusan Perkantoran

 Pelaksanaan UKK Jurusan Perkantoran


Disebutkan bahwa melalui UKK diharapkan peserta didik mendapat hasil yang bagus dan ia bersyukur sudah ada siswa yang direkrut langsung dan ditawari kerja oleh dunia industri setelah melihat langsung kompetensi peserta didik. 


"Alhamdulillah suatu penghargaan bagi kami dan motivasi ke depan, dengan adanya anak didik kami yang direkrut langsung kerja oleh dunia industri seperti PHRI. Mudah mudahan ke depan akan lebih meningkat lagi, " harapnya.


Sementara itu salah seorang penguji pada jurusan Tata Boga (kuliner) dari dunia industri, Lutfi dari PHRI Sumatera Barat yang juga karyawan Rocky Hotel Bukittinggi, mengatakan bahwa hasil UKK nantinya akan dikeluarkan beserta sertifikat kompetensi sesuai kemampuan masing-masing. 


 Pelaksanaan UKK Jurusan tata boga dipantau oleh Ketua Jurusan, Ainul Mardiah, S.Pd

Ia juga membenarkan adanya salah seorang peserta didik  yang direkrut langsung karena melihat kompetensi siswa yang sesuai kebutuhan dunia industri.

"Semoga nantinya akan jadi motivasi bagi peserta didik lainnya untuk lebih sgiat dan ungguh - sungguh dalam belajar, " katanya. **** irz 



Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *