Air Terjun Siburau-Burai Sigunanti, Objek Wisata nan Indah dan Mempesona

Air Terjun Siburai Burai Batang Kinali
Durian Kandang Jorong Sigunanti, nan indah dan mempesona
Pasaman Barat, prodeteksi.com----- OBJEK Wisata Air Terjun Siburai-Burai yang berlokasi di lereng bukit Jorong Sigunanti, Nagari Kinali Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar) punya prosfek yang baik untuk dikembangkan. Sebab, lokasi wisata ini menebar keindahan dan dihiasi bentangan alam dan udara yang menyejukkan.

Sekaitan dengan potensi wisata alam ini, sejumlah petani dan pemuda di lereng bukit Jorong Sigunanti melakukan perjalanan Rabu (8/10). Keberangkatan mereka dalam rangka survei lokasi dan menganalisa kebutuhan pengembangannya, dilepas oleh  Nazar Ikhwan Imbang Langik tokoh adat Nagari Kinali.

“Begitu tiba dilokasi, rasa letih  seakan terbayar lunas oleh eloknya pemandangan bentang alam dan udara yang amat sejuk. Ditambah dengan desir Air Terjun Siburai-Burai nan damai, yang kondisinya tanpa pencemaran, “ sebut Nazar.

Menurut  Nazar, kedatangan mereka ke sana bersama warga guna menganalisa kebutuhan pengembangan Siburai-Burai untuk dijadikan objek wisata. Kemudian baru mengajukan permohonan pembangunan infrastrukturnya pada instansi terkait. Dengan harapan, potensi alam yang dimiliki daerah ini dapat melahirkan kesejahteraan bagi lingkungannya.

Tidak hanya Siburai-Burai, Jorong Sigunanti ini juga memiliki berbagai potensi handal lainnya baik di bidang pariwisata terlebih di segi pertanian dengan berbagai komoditi, seperti alpukat, minyak nilam dan lainnya. 

“Berkat dukungan masyarakat dan perhatian pemerintah, satu persatu potensi itu sudah mulai terbangunkan. Seperti Aia Maruok, Embung Bancah Sopan  dan lainnya. Dan juga menyimpan nilai sejarah kebudayaan yang sangat penting,” ulasnya.

Kepala Jorong Sigunanti Frangki di dampingi Ketua Keltan Tunas Baru Ilham Palemi  dan  warga yang turut dalam rombongan saat itu, menuturkan. walau tidak lagi menjabat sebagai anggota DPRD Pasbar priode ini, mereka tetap yakin pada sosok tokoh adat Kinali itu (Nazar Ikhwan Imbang Langik) untuk menumpangkan harapan kemajuan Sigunanti, Kinali umumnya.

“Kami yakin, dengan bersama potensi objek wisata Siburai-Burai ini bisa terbangkitkan. Banyak sudah yang telah dinikmati warga bukti realisasi aspirasi pembangunan yang ia retas sewaktu masih menjabat sebagai anggota DPRD dan sampai saat ini,” ujar mereka. *****by roni/ irtz

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.