Decky H Saputra, ASN yang Siap Maju Pilkada Pasbar 2020


H. Decky Harmiko Sahputra, SH
Pasaman Barat, prodeteksi.com----Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) 2020, sejumlah nama kian bermunculan. Bahkan banyak di antaranya yang sudah mendaftar pada penjaringan partai politik.  

Namun, bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS ( Pegawai Negeri Sipil) mesti berpikir dua kali dan lebih seksama untuk maju. Sebab, sesuai PKPU No 3 Tahun 2017, pejabat TNI/Polri, ASN, DPR, DPRD, DPD, yang maju pemilihan kepala daerah, harus mundur secara resmi dari instansinya.

Salah seorang pejabat ASN Pasbar yang sudah punya keyakinan dan dukungan untuk maju sebagai kandidat dalam Pilkada Pasbar 2020, adalah H. Decky Harmiko Sahputra, SH, Kepala bidang Kedaruratan dan logistik pada BPBD Pasaman Barat.

Putra asal Talamau kelahiran Padang, 7 Desember 1979, yang tinggal di Komplek Pasaman Baru Permai, Kenagarian Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat ini adalah putra Drs. H. Baharuddin R, MM, Anggota DPRD Kab. Pasaman Barat 2019-2024/ Mantan Bupati Pasaman Barat Periode 2010-2015

Ketika ditanya tentang kemungkinan maju pada Pilkada Pasbar 2020, Decky H Saputra (suami dari   Candra Kirana, SH), pengelola Lathifa Futsal Jalan Jalur 32 ini, menyatakan siap maju sebagai Cabup ( Calon Bupati) ataupun Calon Wakil Bupati (Cawabup) pada Pilkada Pasbar 2020.

Menurut Decky, yang alumni STIH YPKMI Padang,  juga Komisaris Utama PT Amanah Papa Mandiri, jika memang didukung masyarakat, ia siap maju sebagai Cabup bahkan Cawabup Pasbar.

“Jika diminta dan masyarakat mendukung, tentunya saya siap berjuang bersama rakyat. Namun saya serahkan keputusannya kepada Allah SWT, “ sebut Decky

Dikatakan Decky, lelaki yang dikenal sebagai aktivis Laskar Mujahidin dan Ketua DPD PEKAT IB Pasbar yang aktif aksi sosial kemanusiaan ini, sebagai manusia biasa ia hanya menjalani saja. Sedangkan skenarionya datangnya dari sang pencipta, Allah SWT.

“ Sesuai skenarioNYA, saya hanya akan menjalaninya saja. Namun pada perinsipnya saya siap maju untuk membangun Pasbar lebih bak lagi ke depan, “ ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, jika nantinya harus mundur dari ASN, Ketua IMI Pasbar ini pun mengatakan siap mundur dari jabatannya sebagai ASN pada BPBD pasbar alias pengsiun. Karena rezki ada di tangan Tuhan.

“Jika memang saya nanti harus mundur dari ASN,  yaa… saya siap saja , karena rezeki dan takdir saya Allah yang mengatur, “terangnya.

Ketokohan Decky untuk maju Pilkada Pasbar 2020, diperkuat pula dengan pengalamannya dalam memimpin organisasi. Selain itu, juga pengalaman bidang pekerjaan yang dilaluinya. Dan ia pun punya koneksi untuk partai politik seperti  Partai PAN, sebagai kenderaan.

Di antara pengalaman pekerjaaan yang pernah ditempuh Decky adalah, Staff UPN Bank Rakyat Indonesia (2001-2003),  Staff Bagian Umum Pemkab Pasaman (2003-2005) dan Staff Bagian Penagihan Dispenda Pemko Padang (2005-2010).

Kemudian, Manager PT BIFA Tour and Travel, Bendahara Yayasan Pendidikan Amanah Kesehatan Padang, Staff bagian keuangan  Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Pasbar (2010-2011) dan Kepala Seksi pengendalian dan operasional Dinas perhubungan Pemkab Pasbar (2011-2012).

Seterusnya,  Kepala UPT Bandara Pusako Anak Nagari (2012-2013), Sekretaris KORPRI Pasbar (2013-2016), Staff Sekretariat daerah Pemkab Pasbar (2016-2017), Staff Dinas Tenaga Kerja Pemkab Pasbar (2017-2018), Staff  kantor Camat Luhak Nan Duo Pasbar (2018-2019), dan kini Kabid di BPBD Pasbar.

Sedangkan pengalaman organisasi, di antaranya, Kelompok Pecinta Alam ACONCAGUA Padang, Bendahara PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Padang Barat, Pengurus MPC Pemuda Pancasila kota Padang, Mio Black Community Padang dan Anggota NEF Motor Padang.

Selain itu, Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPPP) Kota Padang, Ketua bidang Pemuda dan olahraga MPC Pemuda Pancasila kabupaten Pasaman Barat, Pembina Remaja Islam Kajai kabupaten Pasaman Barat, dan Ketua Tuah Basamo Adventure Community kabupaten Pasaman Barat

Seterusnya, Ketua federasi AEROSPORT Pasbar, Sekretaris Ikatan Persaudaraan Haji 2014 Kecamatan Pasaman, Bendahara Mata Rakyat Pasaman Barat / MRPB Peduli, Ketua DPD PEKAT IB Pasbar Koordinator World Human Care (WHC) Pasbar, Ketua LPD Majelis Mujahidin Pasbar, Ketua PPS Bundo Kanduang Pasbar dan Pembina Komunitas Pantai Indah Maligi Pasbar.

Kemudian , Pembina Yayasan Ummahat inayyah, Yayasan gerakan Bundo Berbagi Pasbar, Bendahara asosiasi futsal, Koordinator wilayah ikatan trail adventure (ITA) Pasbar, Ketua Kolaboraksi Kemanusiaan.

Terus, Ketua aliansi masyarakat Pasaman Barat Peduli Rohingya, Ketua alumni angkatan ’98 SMA N 1 TALAMAU Pasbar. Terus, Pembina FASIDA,  Pembina PPS Bundo Kanduang Pasbar dan Ketua Tubasa Racing Team dan Pembina Lathifa Futsal Club Pasbar. ***irti Z

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.