Pekan Muharram Silaping Penuh Makna, Tingkatkan Keimanan



Pemenang Lomba Bintang Qasidah Umum Se Pasbar dalam Pekan Muharram Silaping
Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat
Pasaman Barat, prodeteksi.com---- PEKAN Muharram ke-16 yang digelar sejak tanggal 2-9 Oktober 2019, di Jorong Silaping, Nagari Batahan Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), berlangsung dengan semarak dan penuh makna. Kegiatan dengan berbagai perlombaan tingkat kabupaten yang bernuansa islami ini, telah menjadi agenda tahunan di daerah setempat

Iven yang dimeriahkan dengan hiburan kesenian dan diramaikan dengan bazar ini, awalnya dibuka secara resmi oleh Bupati Pasbar, H. Yulianto  Rabu (2/10). Kemudian ditutup secara resmi Rabu 9/10 atas nama bupati yang diwakili oleh Asisten 2 Bidang Ekonomi Pembangunan, Drs. Irwan Nasution. 

Asisten II, Irwan Nasution ketika memberi sambutan
dalam acara Penutupan
Dalam sambutannya ketika menutup Pekan Muharram Silaping, Irwan menyebutkan, dengan pelaksanaan Pekan Muharram 1441 H, diharapkan penuh makna dan perubahan ke arah yang lebih baik dalam aplikasi kehidupan di tengah masyarakat. Menurutnya kemimanan dan ketaqwaan kepada sang pencipta, Allah SWT hendaknya terus meningkat.

“Kita berharap kegiatan ini tidak hanya sebatas seremonial saja, tapi hendaknya bermakna positif dalam peningkatan ketaqwaan dan keimanan kita kepada Allah SWT, “kata Irwan.

Ia mencontohkan, dalam berpakaian misalnya, mesti ada peningkatan ke arah yang lebih baik dan islami. Artinya berpakaian sekaligus menutup aurat tidak tergilas budaya luar yang tak sesuai syariat islam.
Suasana Acara Penutupan Pekan Muharram di Silaping

“Momentum Pekan Muharram ini, hendaknya disikapi dengan itikad yang baik untuk berobah lebih baik. Sebagai contoh  berbusana muslim dan muslimah, hendaknya dapat  diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, “ harap Irwan.

Demikian pula lanjutnya dalam bermasyarakat, mari tingkatkan silaturrahmi, kepedulian antar sesama dan persatuan untuk mewujudkan masyarakat yang madani.

Selanjutnya ia mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba, yang tahun ini digelar untuk tingkat kabupaten. Seperti Cabang bintang qasidah, rebana, busana muslim, dan lainnya. Dan kepada yang belum berhasil raih prestasi ia minta untuk tetap semangat berjuang dan berusaha lebih baik lagi dalam kesempatan mendatang.

Sebelumnya, Bupati Pasbar, H. Yulianto atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia. Dan ia berpesan agar momentum Pekan Muharram dimaknai dengan perbuatan hijrah ke arah yang lebih baik.

Ketika acara Pembukaan Pekan Muharram
Silaping ranah Batahan
Dikatakan, pihaknya terharu menyaksikan antusias masyarakat dalam mengikuti kegiatan yang diselenggarakan tersebut. Nuansa Islami dan budaya yang bernafaskan Islam terlihat begitu semarak.

"Saya bangga dengan apa yang sudah Saya lihat di sini. Begitu semarak. Selain membangkitkan nilai-nilai Islami, kegiatan juga dapat menunjang perekonomian masyarakat," sebutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Yunisra Syahiran mengatakan bahwa Pekan Muharram sudah menjadi even yang dinantikan oleh masyarakat, khususnya Ranah Batahan. Momentum tersebut telah menjadi hari-hari yang menggembirakan bagi masyarakat. Dengan adanya Pekan Muharram masyarakat menjadi lebih sering bertegur sapa dan perekonomian juga menjadi tergerakkan.

"Mari kita jaga persatuan dan kesatuan senua unsur. Sebab tanpa persatuan kita tidak akan pernah kuat. Kita tidak akan  berprestasi," pungkasnya. ***irti z

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.