HEADLINE NEWS

Nagari Persiapan se Pasaman Barat Bakal Depenitif

IKLAN



Penandatanganan Peta Batas Nagari se Pasbar
Pasaman Barat, prodeteksi.com ----Harapan masyarakat Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), akan lahirnya nagari –nagari baru hasil pemekaran, bakal segera terwujud. Seluruh nagari persiapan se Pasbar sudah berupaya menyelesaikan  dan memenuhi persyaratan untuk  menuju nagari depenitif.

Kendala selama ini mengenai peta batas nagari telah terselesaikan dengan baik. Dilanjutkan dengan dilaksanakannya Kegiatan Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Persiapan Pelaksanaan Klarifikasi Dokumen Kelengkapan Nagari Persiapan se  Pasbar  oleh Kementerian Dalam Negeri bertempat di Hotel Bumi Minang Padang (26 s/d 28) yang  lalu. 

Kegiatan yang diikuti oleh Wali Nagari dan Camat se-Pasbar, sekaligus juga dilaksanakan penandatanganan peta batas nagari hasil kesepakatan batas seluruh nagari se-Pasbar. Hasil ini akan menjadi lampiran Peraturan Bupati tentang batas pemerintahan nagari.

"Dengan selesainya peta batas nagari se-Pasbar, maka proses penataan nagari akan segera disampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk dapat diusulkan menjadi nagari defenitif dan mendapatkan kode desa dari Kemendagri." kata Yulianto dalam kata sambutannya yang diiringi tepuk tangan para Camat dan Wali se-Pasbar.

Menurut Yulianto,   peta batas nagari merupakan kendala selama ini dalam proses pemekaran batas nagari. Namun dengan selesainya batas nagari ini seluruh harapan masyarakat Pasbar untuk terwujudnya nagari defenitif akan menjadi kenyataan.

"Hari ini menjadi tonggak sejarah dan momen yang sudah dinantikan oleh seluruh lapisan masyarakat. Dan dengan terlaksananya kegiatan penandatanganan ini, diharapkan akan menjadi kado terindah untuk seluruh masyarakat bumi mekar Tuah Basamo yang sebentar lagi akan memasuki usia yang ke-16 tahun, “ pungkas Yulianto

Sementara itu, Kepala Bidang Pemetaan Batas Wilayah Badan Informasi Geospasial RI, Ir. Eko Artanto, M. Si. Yang turut menyampaikan bahwa Kabupatan Pasbar merupakan kabupaten pertama di pulau Sumatera yang telah menyelesaikan penetapan dan penegasan batas desa/nagari. Untuk wilayah Indonesia. Bahkan Pasaman Barat urutan ketiga sebagai kabupaten yang telah menyelesaikan peta batas desa.

"Kami apresiasi Kabupaten Pasbar menjadi kabupaten pertama di Pulau Sumatera yang telah menyelasaikan peta batas desa sekaligus kami melihat untuk proses dan tahapan serta data pendukung yang dipenuhi dalam penegasan batas desa, kabupaten ini paling komplit dan terbaik di seluruh Indonesiam." Ujar Eko. ***irti z





Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *