Antisipasi Bencana , Perkuatan Tebing Lubuk Gobing Mesti Segera


Dampak Bencana Alam di Jorong Lubuk Gobing Akibat Meluapnya SUngai Batang Batahan

Pasaman Barat, prodeteksi.com----Pembangunan bronjong untuk perkuatan tebing pada pinggir Sungai Batang Batahan, yang melewati perkampungan Jorong Lubuk Gobing Nagari Batahan Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), nampaknya mesti segera dilakukan. Pemerintah daerah melalui instansi terkait seperti BPBD, handaknya responsip mencari solusi yang cepat  untuk antisipasi kemungkinan bencana yang lebih parah lagi.

Nadir, Kepala Jorong
Sebab, beberapa tahun terakhir ini, kondisi tebing sepanjang Sungai Batang Batahan di Kejorongan Lubuk Gobing, semakin terkikis dan terus mengalami bencana longsor sehingga berdampak mengancam ambruk dan robohnya bangunan warga, baik perumahan maupun fasilitas lainnya seperti tempat ibadah.

Puluhan rumah warga Lubuk Gobing yang memukim di sepanjang pinggiran sungai Batang Batahan terancam dampak bencana. Bahkan dari informasi yang diperoleh, Sabtu malam (23/11/2019) yang lalu telah terjadi bencana  alam akibat derasnya arus sungai pasca diguyur hujan  yang cukup lama.

Menurut kepala  Jorong  Lubuk Gobing,  Nadir, akibat kejadian malam minggu itu, 3 rumah warga mengalami kerusakan pertapakan pondasi dan dalam keadaan darurat karena dikhawatirkan akan runtuh bersama pengikisan tebing dan reruntuhan tanah yang menjadi pondasi rumah. 
Dampak Bencana Alam di Jorong Lubuk Gobing Akibat Meluapnya SUngai Batang Batahan

Bahkan 1 unit rumah pondasi bagian belakang sudah runtuh. Rumah ini terancam ambruk jika tak segera diantisipasi. Selain itu, satu unit masjid, penahan tebing ponasi masjid itu juga terkena dampak bencana.

“ Kejadiannya malam minggu lalu sekitar jam 10 malam. Hal yang sangat mencemaskan masyarakat di Lubuk Gobing karena meluapnya sungai dan dampak guyuran hujan, sehingga tebing semakin runtuh dibawa arus sungai. Berakibat beberapa rumah mengalami kerusakan dan dalam keadaan darurat, “ kata Nadir

Menurut Nadir, sejak lama masyarakat berharap adanya pembangunan beronjong di pinggir sungai. Bahkan atas kejadian ini pun Kepala Jorong Lubuk Gobing telah menyurati secara resmi Bupati Pasaman Barat untuk permohonan pemberonjongan dan  pemakainan  alat Eskapator . 
Dampak Bencana Alam di Jorong Lubuk Gobing Akibat Meluapnya Sungai Batang Batahan

Pada intinya, isi surat tanggal 25 November 2019 itu, melaporkan kejadian bencana yang melanda perumahan warga Lubuk Gobing. Dan sekaligus permohonan pembronjongan tebing sepanjang 40 meter dengan volume 420 M2. Sedangkan  pengisian bronjong dengan material yang dibutuhkan akan dilakukan masyarakat secara swadaya.

Surat yang ditanda tangani Kepala Jorong Lubuk Gobing, Nadir, yang diketahui Walinagari Batahan, Salamat Riadi dan Camat Ranah Batahan, Ayahwirman, juga ditembuskan pada dinas terkait. Seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat.
Dampak Bencana Alam di Jorong Lubuk Gobing Akibat Meluapnya SUngai Batang Batahan

Masyarakat Lubuk Gobing berharap adanya perhatian dan bantuan segera dalam memulihkan dampak bencana yang terjadi serta mengantisipasi kemungkinan bencana yang lebib parah lagi. 

Menurut Kepala Jorong Lubuk Gobing, ini sesuai juga program Pemkab Pasbar  melalui BPBD seperti disampaikan kepalanya, Ir, Tri Wahluyo, mengenai tanggap darurat. Yakni pemberojongan dan normalisasi Sungai Batang Batahan.****irti Zamin

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.