Rura Patontang jadi Topik Perbincangan, Bupati Pasbar pun Turun ke Lapangan

Bupati Pasbar, H. Yulianto bersama rombongan
Turun Lapangan Menelusuri Jalan Rura Patontang Kecamatan Koto Balingka


Pasaman Barat, prodeteksi.com---Beberapa waktu terakhir ini, nama Jorong Rura Patontang, yang berlokasi di Nagari Parik Kec. Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), semakin populer dan jadi topik perbincangan yang cukup hangat . Tak terkecuali lewat pemberitaan media massa maupun lewat postingan di media sosial.

Sebagaimana juga diberitakan Portal Berita Online prodeteksi.com, yang hangat dibicarakan adalah terkait kondisi jorong Rura Patontang yang dinilai masih sangat tertinggal dalam berbagai aspek, baik pendidikan kesehatan maupun infrastruktur terutama kondisi jalan yang sangat parah dan menyedihkan.

Apalagi dalam beberapa tahun terakhir, Jalan tersebut semakin memprihatinkan. Jangankan bawa kenderaan roda dua, jalan kaki pun susah. Belum lagi bawa beban atau barang, bahkan anak terpaksa dipikul di pundak karena jalan yang terjal, curam, licin bergelimang tanah liat dan berlumpur.

Hangatnya perbincangan dan pemberitaan mengenai kondisi  Jorong Rura Patontang, seperti juga beberapa kali dirilis prodeteksi.com, membuat berbagai pihak juga turut prihatin dan mengungkapkan kepeduliannya.
Bupati Pasbar, H. Yulianto  bersama rombongan di Jorong Rura Patontang

Senin, 18/11/2019,  Bupati Pasbar, H. Yulianto bersama robongan, seperti Kadis Perumahan dan Pemukiman, Adhiyarsyah, Kabag Humas, Yosmar Difia, Camat Koto Balingka, Hamulian,  juga ingin melihat secara langsung bagaimana sesungguhnya potret jorong terisolir tersebut. Mereka pun turun langsung ke lapangan mengunjungi Jorong Rura Patontang Kecamatan Koto Balingka.

Kunjungan tersebut sebagai tanggapan langsung Pemerintah Daerah Pasaman Barat atas keluhan masyarakat Rura Patontang. Dalam perjalanan tersebut dapat dilihat bagaimana masyarakat jorong Rura Patontang sangat membutuhkan perhatian Pemerintah Daerah, mulai dari akses jalan dan jembatan ke wilayah tersebut sampai dengan kebutuhan gedung sekolah serta layanan kesehatan.

Terlihat kebahagiaan masyarakat dikunjungi langsung oleh Bupati Pasbar dan rombongan, dalam suasana keakraban tersebut dengan tokoh masyarakat dan jorong Rura Patontang, Yulianto merasa terenyuh melihat kondisi masyarakat Rura Patontang dan akan segera menindaklanjuti permasalahan di Rura Patontang tersebut.

Buoati Pasbar Yulianto di tengah anak -anak Rura Patontang
Dalam arahannya Bupati Pasbar menugaskan kepada OPD terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum untuk melakukan perencanaan ulang terhadap trase jalan supaya dapat memenuhi standar kelayakan teknis dikarenakan kondisi akses jalan sekarang tidak memungkinkan untuk ditangani struktur jalannya.

"Kepada Dinas PU untuk segera dianggarkan tahun 2020 ini perencanaan ulang trase jalan dan dilanjutkan dengan pembangunan kembali jalan ke Rura Patontang ini." Ujar Yulianto.

"Kepada Dinas Perkim dibantu jorong, harap dilaksanakan pendataan untuk bantuan rehab rumah tidak layak huni, Dinas Pendidikan anggarkan penambahan lokal dan sarana belajar serta Dinas Kesehatan perhatikan kondisi kelayakan sarana kesehatan di Rura Patontang." Pungkas Yulianto. ***hms/irti zamin

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.