Lubuk Gobing Rawan Bencana, Dinas PUPR Kirim Alat Berat

Dinas PUPR Pasbar Kirim Alat Berat ke Lubuk Gobing
Pasaman Barat, prodeteksi.com --- Jorong Lubuk Gobing Nagari Batahan Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), termasuk salah satu kawasan yang rawan bencana alam. Ini dipengaruhi dampak sering meluapnya Sungai Batang Batahan ketika musim penghuan tiba.

Informasi yang diperoleh dari Kepala Jorong Lubuk Gadang, Nadir, situasi ketika banjir dan derasnya arus sungai berdampak pada terkikisnya tebing dan bahkan sering terban dan longsor. Hal in bertambah parah sejak tahun 2018 yang lalu.

Belakang Masjid
“Beberapa tahun terakhir ini, kondisi tebing sepanjang Sungai Batang Batahan di Kejorongan Lubuk Gobing, semakin terkikis dan terus mengalami bencana longsor sehingga berdampak mengancam ambruk dan robohnya bangunan warga, baik perumahan maupun fasilitas lainnya termasuk ibadah, “ kata Nadir

Solusinya menurut Nadir, perlu adanya pembangunan bronjong untuk perkuatan tebing pada pinggir Sungai Batang Batahan, yang melewati perkampungan Jorong Lubuk Gobing. Mereka juga berharap adanya peminjaman alat berat dari Dinas PUPR untuk menggerakkan swadaya masyarakat normaslisasi sungai setidaknya di sekitar jembatan Lubuk Gobing.

Ia menjelaskan, beberapa hari lalu juga terjadi banjir besar. Hal ini memperparah dampak nencana yang terjadi pada november 2019 lalu  akibat derasnya arus sungai pasca diguyur hujan  yang cukup lama.

Nadir, Kepala Jorong Lubuk Gobing
Alhamdulillah jelas jorong, Dinas PUPR Pasbar bersedia meminjamkan alat beratnya. Rabu, 25 Desember 2019 Dinas PUPR merespon harapan masyarakat dengan mengirim alat berat guna mengantisipasi dampak bencana yang lebih parah.

“Ucapan terima kasih yang sebesar besarnya dari  masarakt Lubuk Gobing kepada Ibuk Kepala Dinas PU, Henny Ferniza. Ia telah merespon permohonan kami, yang kami sampaikan  Semoga ke depannya tambah sukses, “sebutnya.

Direncanakan jelas Kepala Jorong Lubuk Gobing, alat berat itu akan digunakan untuk membantu normalisasi sungai  yang ada di sekitar jembatan. Lalu ke lokasi lainnya yang jadi prioritas. Satu permohonan jelasnya telah terwujud, tinggal pembangunan perkuatan tebing yang diharapkan dari instansi terkait ****irti z

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.