HEADLINE NEWS

Sekda Ajak ASN Pasbar Berhenti Merokok

IKLAN





Yudesri
Pasaman Barat, prodeteksi.com-----Dalam suatu kegiatan Kampanye Komunikasi Perubahan Perilaku (KKPP)yang digelar Dinas Kesehatan Pasbar Kamis (12/12), Sekda Pasbar, Yudesri, SIP, MSI mengajak ASN (Aparatus Sipil Negara) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) yang masih merokok, agar mengupayakan untuk berhenti menghisap cigarette yang  dapat membahayakan kesehatan tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di lapangan MTQ Padang Tujuh, diikuti sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Bagian dilingkungan Pemkab Pasbar, Unsur Puskesmas dan ASN. Dalam kesempatan itu, Yudesri menyampaikan memang jumlah ASN yang telah berhenti merokok sudah cukup banyak.

"Salah satu indikator Gerakan Masyarakat Hidup Sehat adalah berhenti merokok. Saya melihat jumlah ASN yang  signifikan telah mengupayakan untuk berhenti merokok," kata Yudesri.

Indikator selanjutnya disampaikan Yudesri adalah melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit sehari.

Dikatakan, bagi ASN yang memiliki aktifitas duduk yang lebih dominan, aktifitas fisik perlu dilakukan untuk dapat memperlancar sirkulasi darah," ASN lebih banyak duduk di kantor, makanya luangkan waktu untuk mengeluarkan keringat," tuturnya.

Selanjutnya yang perlu dilakukan upaya menjaga kesehatan adalah cek kesehatan secara rutin, mengkonsumsi sayur dan buah serta menggunakan jamban yang sehat.

Lanjutnya, sanitasi atau penggunaan jamban sehat, Pemkab Pasbar telah melakukan berbagai pembangunan jamban bagi masyarakat kurang mampu melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman. Program ini kita kenal dengan program 1000 jamban.

"Artinya dari program ini, muaranya adalah peningkatan derajat kesehatan masyarakat secara umum, kesehatan Ibu dan Anak secara khusus yang pada akhirnya dapat menurunkan prevalensi stunting di masyarakat dengan penerapan pola hidup sehat," tandas Yudesri. ****hms/irti z

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *