Bupati Yulianto Ingatkan Pentingnya Memelihara Arsip


Pasaman Barat, prodeteksi.com--Bupati Pasaman Barat (Pasbar), H. Yulianto menunjukkan perhatiannya kepada arsip. Pasalnya, Kamis (16/1) Yulianto datang ke kantor arsip dan melihat aktifitas penyimpanan arsip tersebut.

Arsip melestarikan masa lalu, melindungi saat ini, dan menyediakan akses untuk masa depan. Begitulah besarnya keberadaan suatu arsip.

Bupati Yulianto yang didampingi oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sutriarti, melihat penyimpanan arsip dari beberapa tahun silam.

"Salah satu arsip OPD yang sudah kita simpan yakni Dinas Kehutanan, karena dinas tersebut saat ini sudah tidak ada lagi," papar Kadis Kearsipan dan perpustakaan Sutriarti didampingi oleh Gusmaini.

Selain arsip OPD, pihaknya juga menyimpan arsip statis yakni arsip yang mengandung nilai sejarah Seperti jembatan gantung Ujung Gading, sebanyak 400 berkas. Selain itu, OPD juga diharapkan mengolah arsip sendiri dalam bentuk box.

"Kalau sudah 10 tahun arsip OPD dalam bentuk box tersebut akan kita simpan. Semua OPD diharapkan  melaksanakan aturan kearsipan. Jadwal arsip sudah memenuhi tahun Jadwal Retensi Arsip minimal 10 tahun. OPD wajib menyerahkan arsip yang sudah dikelola sesuai dengan UU kearsipan," tandasnya. **""*Kmfo/irti z

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.