Tahun ini, Jalan Simaninggir Pengambiran Aspal Hotmik, Rura Patontang Rabat Beton


Jalan Kawasan Terisolir di Pasbar Segera Ditingkatkan Pembangunannya
Pasaman Barat, prodeteksi.com-----Pembangunan infrastruktur di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terus dipacu. Pemerintah Daerah melalui  Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan penataan Ruang (DPUPR) mulai mengarah pada penuntasan pembangunan jalan dan jembatan kawasan pelosok Pasbar.

Tahun 2020 ini menurut Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Pasbar, Bambang Sumarsono untuk Jalan Simaninggir – Pegambiran Keamatan Koto Balingka akan dibangun dengan aspal hotmik. Untuk ini Pemerintah Daerah menganggarkan sebesar Rp. 3,5 Milyar.


Dinas PUPR Pasbar
Panjang jalan yang akan disapal tesebut adalah sepanjang 3,5 KM. Sebelumnya jalan ini baru sebatas pengerasan dan belum semulus yang diharapkan masyarakat. Sehingga akses penghubung dua kecamatan yakni Koto Balingka dan Ranah Batahan akan semakin lancar.

Bahkan ruas jalan ini juga nantinya akan memperlancar hubungan menuju Jalan Propinsi yang melintasi Aek Nabirong terus ke Sawah Judik dan Sigantang. Kemudian diharapkan akan diteruskan menuju Kabupaten Mandahiling Natal (Madina ) Sumatera Utara (Sumut)

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Pasbar, Bambang Sumarsono
“ Memang benar tahun ini akan dibangun Jalan Simaninggir - Pegambiran dan telah dianggarkan untuk diaspal hotmik. Kini dalam proses persiapan untuk segera ditenderkan bersama paket lainnya melalui  Unit Layanan Pengadaan, “ kata Bambang belum lama ini di ruang kerjanya , Simpang Empat. 

Lebih lanjut dikatakan, selain Simaninggir- Pegambiran, masih dalam kawasan yang sama, juga ada peningkatan Jalan dari Pegambiran- menuju kawasan terisolir Rura Patontang. Yakni berupa peningkatan Jalan tanah liat menjadi Rabat Beron dan ditambah satu unit jembatan.

Diharapkan jika proyek ini selesai, masyarakat Rura Patontang akan sedikit bernafas lega dan merdeka, karena mulai terlepas dari kawasan tertinggal.

Adapaun anggaran yang disediakan jelas Bambang adalah Rp 950 juta untuk peningkatan jalan dan Rp. 750 Juta untuk pembangunan satu unit jembatan. Total Anggaran tahun ini untuk  Rura Patontang adalah Rp. 1,7 Milyar.

Namun demikian, Jalan menuju Rurta Patontang tersebut belum semuanya dapat dirabat beton. Karena dengan anggaran yang terbatas hanya sepanjang 2 KM. Sedangkan panjang jalan yang dibutuhkan peningkatannya mencapai sekitar 5 KM.

“Secara bertahap pebangunan infrastruktur Rura Patontang  dan daerah lainnya terus diupayakan peningkatannya. Mudah-mudahan ke depan pembabgunan infrastruktur di Pasbar akan semakin baik, “ ujar Bambang.  ***irti zamin

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.