Bupati Yulianto : Penundaan Pilkada tak Masalah, Kita Fokus Penanganan Covid-19

H. Yulianto, Bupati Pasbar
Pasaman Barat, prodeteksi.com---Bupati Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), H. Yulianto, SH, MM, menilai tepat kebijakan pusat menunda pelaksanaan Pilkada serentak 2020. Hal ini mengingat dampak penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), yang masih mewabah dai tanah air.

Menurut Yulianto, penanganan covid-19 adalah menjadi fokus perhatian untuk cepat diatasi. Meskipun di Pasbar belum ada yang positif corona, namun jelasnya penanganan untuk antisipasi dan pencegahan adalah yang utama dan mesti fokus.

“Kita ikuti saja bagaimana kebijakan pemerintah bersama KPU tentang kemungkinan penundaan pilkada. Kapan jadwalnya tentu sangat terkait dengan perkembangan wabah corona. Yang jelas kita di Pasbar saat ini fukus untuk penanganan dan pencegahan Covid-19, “kata Yulianto, Rabu (1/4), ketika dihubungi prodeteksi.com

Ditambahkan, untuk penanganan Covid-19 di Pasbar Pemerintah Daerah setempat menyediakan dana sebesar Rp 15 Miliar. Dana ini bisa saja ditambah jika anggaran masih kurang, sesuai kondisi perkembangan penanganan wabah corona.

Bahkan, jika sangat mendesak dalam kondisi darurat dana penanganan covid-19 ini bisa saja ditambah dengan mengalihkan penggunaan sisa dana Pilkada Pasbar 2020.

“Kalau sangat darurat, ya memungkinkan saja digunakan untuk menambah dan penanganan covid-19, “katanya. 

Di sisi lain, dengan adanya kebijakan penundaan pilkada, maka pihak KPU Pasbar pun dikabarkan telah mengevaluasi pelaksanaan tahapan pilkada dengan melalukan penundaan.

Seperti , meninjau masa kerja PPS dan PPK, menunda verifikasi faktual calon perseorangan, pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan tahapan pemukhtahiran data pemilih. ***irz

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.