Pasca Dua ASN Pasbar Positif Corona, 111 Rekan Kerja Jalani Tes Swab, Tracking Terus Dilakukan.

Tracking Pertama terhadap yang kontak dengan Dua ASN Pasbar yang terkonfirmasi Positif Covid-19, telah dilakukan uji tes swab 111 orang rekan kerja yang bersangkutan. Kini menunggun hasil pemeriksaan Labor UNAND. Penelusuran terus akan dilanjutkan,

Pasaman Barat, prodeteksi.com-----Pasca dua orang suami istri SP (30) dan CBR (25) yang bertugas di Bagian Pemerintah Nagari (Pemnag) Sekretariat Daerah Pemkab Pasaman Barat (Pasbar) dan Bappeda Pasbar, terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (Covid-19), tracking atau penelusuran terus dilakukan

Sebagaimana disampaikan Bupati Pasbar, H Yulianto dalam keterangan pers Jumat (7/8/2020), ia menjelaskan, tim Gugus Tugas Covid-19 terus melakukan screening dan tracking terhadap rekan kerja dan keluarga yang bersangkutan sebagai langkah pencegahan awal.

Dikatakan, Kedua ASN yang positif Covid-19 itu terjangkit setelah sebelumnya melakukan perjalanan ke Provinsi Aceh. Yakni dari Lhokseumawe, Aceh ke Medan, Sumatera Utara (Sumut) menggunakan bus pada tanggal 2 Agustus 2020. Kemudian, dari Medan ke Padang mereka naik pesawat pada tanggal yang sama.

 

Terus setelah sampai dan mulai beraktifitas di Pasbar dilakukan test swab dan hasil pemeriksaan swab dari Labor Unand Padang menyatakan keduanya positif Covid-19.    

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Dinas Kesehatan Pasbar, dr. Gina Alecia mengatakan, sebanyak 111 orang rekan kerja yang kontak dengan kedua ASN tersebut telah jalani test swab Sabtu (8/8). Dan hasilnya belum diketahui karena masih menunggu pemeriksaan laboratorium UNAND.

“Benar bahwa sebanyak 111 orang telah mengikuti tes swab. Mereka adalah merupakan rekan kerja, umumnya merupakan ASN yang pernah kontak dengan kasus Positif Covid-19 tersebut. Awalannya yang mendaftar berjumlah 115 orang, namun waktu pelaksanaan tes swab Sabtu kemaren, sekitar empat orang yang tidak hadir,” kata Gina Alecia.

Test swab tersebut dilakukan di halaman Kantor Bappeda Pasbar oleh petugas kesehatan dari RSUD Pasbar, Ibnu Sina Yarsi Simpang Empat dan pihak Puskesmas. Ini merupakan tracking pertama terhadap yang punya riwayat kontak dengan kasus positif Covid-19 tersebut.

“Spesimen semua yang telah melaksanakan tes usap atau tes swab sudah dikirim ke laboratorium Unand Padang dan kita menunggu hasilnya. Mudah-mudahan segera hasilnya keluar, dan kita berharap hasilnya negatif, katanya pada prodeteksi.com, Sabtu.

Menurut Gina, tracking terus dilakukan kepada warga yang pernah kontak dengan dua orang pasien positif itu. Direncanakan Senin (10/8) akan dilakukan kembali tes swab. Termasuk terhadap pihak keluarga dan warga yang pernah kontak di daerah Sungai Aur Pasbar.

Ia mengimbau kepada warga agar tetap ikuti aturan pemerintah demi keselamatan bersama. "Mari rajin cuci tangan dengan sabun , selalu memakai masker dan jaga jarak. Semoga kita semua dapat terhindar dari COVID-19," katanya.

Sebelumnya Bupati Pasbar Yulianto juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu mengikuti protokol kesehatan dalam rangka antisipasi dan memutus rantai penyebaran Covid-19. ***irti z

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.