Pasca 10 Dokter, Bertambah Lagi 7 Paramedis RSUD Pasbar Terpapar Corona

Bupati Pasbar H Yulianto Umumkan Penambahan Kasus Positif Covid 19, yakni 7 Orang Paramedis RSUD Pasbar


Pasaman Barat, prodeteksi.com-----Pasca 10 orang dokter Positif Covid-19 yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatera Barat, kini kasus Positif bertambah lagi sebayak 7 orang paramedis RSUD setempat tertular virus Corona tersebut.

Bupati Pasbar, H. Yulianto didampingi Kepala Pelaksana BPBD, Edi Busti dan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasbar,  dr. Gina Alecia di Simpang Empat, Rabu (2/9/2020) mengatakan, tujuh paramedis itu sebelumnya punya riwayat kontak erat dengan 10 dokter yang positif COVID-19. Ketujuh orang paramedis yang positif COVID-19 itu adalah MU (42), R (67), NG (32), NN (44 ), NL (27 ) SR (27 ) dan SU (45).

Dengan adanya penambahan tujuh orang itu maka saat ini jumlah pasien positif Corona di Pasbar menjadi 20 orang. Sebelumnya enam orang sudah dinyatakan sembuh yakni, SP (30), CB (25), MA (38), AR (63), W (21) dan MY (38). Terhadap tujuh pasien positif baru itu saat ini telah diisolasi di RSUD Pasbar.

“Dengan adanya penambahan hari ini, maka saat ini jumlah pasien positif di Pasaman Barat menjadi 20 orang. Dengan rincian 18 pasien diisolasi di RSUD Pasaman Barat , 1 orang di RSUD Kota Padang dan 1 orang diisolasi di Rumah Sakit BMC Padang, “jelas bupati.

Untuk penelusuran lebih lanjut, pihak Pemkab Pasbar melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terus melakukan pelacakan atau trakcing terhadap warga yang kontak dengan pasien positif itu. Sudah 700 orang dikabarkan yang telah dilakukan test swab.

Bupati Yulianto meminta bagi warga yang merasa pernah kontak dengan pasien konfirmasi positif ini agar dapat melaporkan dirinya ke Satgas Penanganan Penyebaran COVID-19 dan Puskesmas terdekat untuk mengikuti proses swab test lanjutan.

Meski demikian bupati berharap agar seluruh masyarakat Pasaman Barat untuk tetap tenang dan selalu mematuhi protokol penanganan penyebaran COVID-19 dengan cara selalu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini oleh Allah SWT," harapnya.  

Sebelumnya, data Covid-19 Pasbar, yakni sehari sebelum penambahan 7 kasus postif, ada pertambahan satu orang inisial GAF (13), seorang pelajar asal Pasbar yang merupakan salah satu santri pesantren di Kota Padang. Ia masuk pesantren pada 21 Agustus 2020 dan menjalani tes swab pada 28 Agustus 2020 .

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Covid 19 Pasbar, Gina Alecia, Senin (31/8), hasil swab test dari Laboratorium Universitas Andalas (Unand) Padang ketika itu menyebutkan, ada satu orang warga Pasaman Barat yang terinfeksi COVID-19. Ia melakukan tes swab di Kota Padang beberapa waktu lalu. Maka dengan penambahan satu orang tersebut,  jumlah kasus positif Covid-19 Pasbar sampai Senin lalu menjadi 14 orang.

"Terhadap keluarga pasien yang tinggal di Nagari Lingkuang Aua Kecamatan Pasaman itu, juga telah dilakukan tes swab pada Senin lalu. Begitupun  terhadap warga lain yang kontak dengan pasien positif COVID-19 tersebut.***irti. z 

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.