HEADLINE NEWS

40 Madrasah Swasta di Pasbar Ikuti Pelatihan Kepala Madrasah

IKLAN

Pembukaan Pelatihan Kepala Madrasah Swasta




Pasaman Barat, prodeteksi.com---- Pelatihan Kepala Madrasah khusus madrasah swasta dilaksanakan di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Diikuti sebanyak 40 orang kepala madrasah, yang dilaksanakan selama lima hari dari tanggal 26 - 30 November 2020, bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pasbar.


Pelatihan yang diselenggarakan Balai Diklat Keagamaan Padang ini merupakan Proyek Realizing Education's Promises (Madrasah Education Quality Reform) kerjasama dengan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah dan Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Diklat Keagamaan Padang, Drs. H Khoirul Amani, MA.

Drs H. Khoirul Amani, MA


Dalam kegiatan pembukaan Kamis (26/11/2020) juga dihadiri oleh Kepala Kankemenag Pasbar, H. Muhammad Nur, MA, Ketua Panitia dari Balai Diklat, Aprianto, SAg, MA serta jajaran Bidang Pendidikan Madarasah Kemenag Pasbar.

Dalam acara pembukaan, Kepala Balai Diklat Keagamaan Padang, Drs. H Khoirul Amani, MA mengatakan, kegiatan pelatihan sangat penting bagi kepala madrasah. Dan suatu keberuntungan bahwa Pasaman Barat ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan pelatihan yang dibiayai oleh world bank.

Bersama narasumber, Dr. H. Saidar Lubis, MA


" Kegiatan pelatihan yang merupakan kerja sama 5 lembaga di lingkungan Kementerian Agama ini merupakan satu-satunya yang dilaksanakan di Sumbar, bahkan Riau dan Jambi. Beda dengan kegiatan lainnya yang merupakan biaya mandiri dari peserta. Tapi, ini beruntung Bapak Ibu karena menjadi peserta pelatihan yang dibiayai dari world bank melalui Dirjen Pendis, " kata Khoirul yang merupakan putra asal Maindailing Sumatera Utara. 

Patut disyukuri menurutnya karena kegiatan pelatihan untuk kepala madrasah swasta di Kabupaten Pasaman Barat ini merupakan pertama kali di seluruh Indonesia tahun 2020 . Maka ia berharap ke depan madrasah di Pasbar akan lebih baik dan lebih maju.

Apel Pagi Peserta Pelatihan


"Mari bapak ibuk disiplin dan manfaatkan waktu pelatihan ini dengan sebaik-baiknya. Jangan hanya berharap sertifikat saja. Sebab, madrasah harus lebih dari sekolah karena madrasah adakah plus dari sekolah, "sebut Khoirul.


Sebelumnya, Ketua Pelaksana yang juga Kasi Pendis Balai Latihan Keagamaan Padang, Aprianto mengatakan dengan pelatihan kepala madrasah ini diharapkan akan dapat mengembangkan dan meningkatkan kompetensi pengetahuan keterampilan dan sikap dari kepemimpinan kepala madrasah. Sehingga ke depan madrasah di Pasbar lebih maju lagi. 

Peserta Pelatihan


Apalagi sekarang pentingnya pelatihan yang dibuktikan dengan adanya sertifikat yang harus dimilik kepala madrasah. Karena ke depan lanjutnya setiap kepala madrasah harus memiliki sertifikat sebagai prasyarat yang akan diupload ke aplikasi simpatika.  

 

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Pasbar, Muhammad Nur mengucapkan terima kasih atas dilaksanakannya kegiatan pelatihan kepala madrasah swasta di Pasaman Barat. Walau koutanya hanya 40 orang dari 128 madrasah swata mulai dari tingkat MI, MTs dan MA. Namun hal ini patut disyukuri karena memberi manfaat yang sangat berarti bagi peserta dalam peningkatan dan pengembangan madrasah yang lebih baik lagi ke depan, "katanya. ***irti zamin 

Peserta Pelatihan


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *