Nagari Talu Sukses Gelar Program Tanam Padi 2 Kali Setahun

Petani Nagari Talu sukses melaksanakan  Program Tanam Padi 2 kali Setahun

Pasbar, prodeteksi.com- Diawali dengan niat dan kemauan kuat para petani yang diiringi dengan dukungan ninik mamak, pemerintah Nagari Talu dan Kecamatan Talamau, serta perhatian yang tinggi dari DPRD beserta pemerintah daerah, menjadikan masyarakat petani nagari Talu sukses melaksanakan  Program Tanam Padi 2 kali Setahun.

Keberhasilan pelaksanaan program masyarakat petani tersebut, ditandai dengan acara Malapeh Niaik Kawua Tanam Padi 2 Kali Setahun, yang dilaksanakan secara resmi pada Senin (2/11) di Rumah Gadang Nagari Talu Kecamatan Talamau.

Acara ini dihadiri oleh Pjs Bupati Pasaman Barat Hansastri beserta kepala OPD, anggota DPRD Pasbar, Polres dan Dandim Pasbar, Muspika Kecamatan Talamau, Wali Nagari Nagari Talu Sudro Hakimi, DPTPH Pasbar dan Sumbar, Tuanku Bosa Drs. H. Fadlan Ma'alif XIV beserta Ninik Mamak dan Tokoh Masyarakat setempat.

Tokoh masyarakat Nagari Talu  Zulfikar Tuanku Mudo, yang sekaligus pembina kelompok Tani Mulia Munggu Cangkeh dan Gapoktan Mulia Nan Jaya Jorong Patomuan, mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan atas keberhasilan pelaksanaan program tanam 2 kali setahun tersebut.

Kepada media ini, Zulfikar mewakili masyarakat petani nagari Talu, juga mengucapkan terima kasih  kepada Pemerintah dan DPRD, atas bantuan serta dukungan yang diberikan kepada masyarakat petani.

"Alhamdulillah panen perdana program tanam padi 2 kali setahun sukses dilaksanakan. Berkat adanya niat dan kemauan serta kerja keras para petani, dukungan dari ninik mamak, bantuan dari pemerintah dan DPRD, sehingga membuat program ini, bisa sukses dilaksanakan dengan baik oleh para petani", ujar Zulfikar.

Pada acara tersebut, sebagai wujud  syukur kepada Sang Pencipta, juga dilaksanakan louncing perdana program 500 petani berzakat. Masing - masing petani memberikan sebanyak 6 kambuik gabah atau 22 kg padi per orang dan nantinya bakal disumbangkan kepada masyarakat yang tidak mampu di nagari Talu.

Para petani pun semakin bersyukur, karena pada acara ini Pemkab dan DPRD Pasbar, juga memberikan sejumlah bantuan. Penyerahan bantuan 2,5 ton bibit padi dari Pemkab Pasbar dan 10 unit traktor, yang berasal dari pokir anggota DPRD Pasbar H. Baharuddin R, juga diberikan pada momen ini.

Wali Nagari Talu Sudro Hakimi yang ditemui pada Selasa (3/11) di ruang kerjanya, berharap kepada masyarakat para petani di Nagari Talu, agar terus konsisten dalam melaksanakan program tanam padi ini kedepannya.

"Kami ingin para petani, agar terus melaksanakan program tanam padi 2 kali setahun secara konsisten dan kedepan hendaknya, program ini mengalami kemajuan, dari 2 kali setahun menjadi 2,5 kali atau 5 kali dalam 2 tahun", harap Sudro Hakimi.

Sementara itu, masyarakat petani  yang ditemui pada saat melaksanakan panen padi bersama di Kejorongan Patamuan Nagari Talu (4/11), melalui media ini, mereka berharap kepada pemerintah dan DPRD, agar terus menyokong mereka, dengan memberikan bantuan lainnya dan melakukan pembinaan.

"Kami berterima kasih kepada Pemerintah dan DPRD, atas perhatian serta bantuan yang diberikan. Kami berharap kedepannya, pemerintah juga memberikan bantuan alsintan lainnya, melakukan pembinaan kepada kami para petani, serta menjamin ketersediaan pupuk, yang menjadi kendala pada saat ini", ujar Deni (45).

"Selain itu, kami juga berharap, agar pemerintah berupaya menstabilkan harga gabah, mendorong lahirnya UMKM pengolahan hasil pertanian dan Koperasi, untuk memajukan sektor pertanian di nagari Talu, serta memberdayakan Gapoktan, dengan memberikan bantuan modal", ujar Ali (52) petani lainnya. 

Sementara itu, Pj Bupati Hansasri yang ditemui di rumah dinas Bupati Pasaman Barat pada Kamis (5/11), menanggapi positif harapan dan keinginan masyarakat petani. Hansasri menyatakan bahwa pembentukan koperasi dan UMKM harus dimulai dari masyarakat itu sendiri.

"Kami siap memfasilitasi keinginan masyarakat dan mendukung suksesnya kemajuan sektor pertanian. Semoga kualitas dan kuantitas hasil panen padi di nagari Talu, bisa meningkat lebih baik lagi kedepannya, dari 3, 5 ton dan 4 ton perhektar, bisa menjadi 7 ton per hektar", harap Hansasri.

(Zein)

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.