HEADLINE NEWS

Penutupan Objek Wisata Berimbas pada Pedagang Kecil di Kawasan Tugu Air Bangis

IKLAN

 

 Sepi pengunjung karena tidak bisa masuk kawasan wisata, dijeoret Minggu , 16 Mei 2021 sekitar pukul 11 30 WIB.


Pasaman Barat, prodeteksi.com-- Penutupan objek wisata di Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ) Provinsi Sumatera Barat selama libur idul Fitri 1442 H/ 2021 M,  suatu sisi berdampak kurang menguntungkan bagi para pedagang di lokasi wisata. Sebab dengan sepinya pengunjung tentu membuat sepi pula pembeli.


Walau memang  disisi lain penutupan  harus dilakukan pemerintah daerah dalam rangka antisipasi penyebaran covid-19. Apalagi Pasbar telah menjadi status orange tingkat penyebaran covid-19. Sehingga Pemkab Pasbar sesuai edaran Pemprov Sumbar mengambil kebijakan penutupan objek wisata di Pasbar selama libur lebaran 2021.



Pantauan media ini pada hari keempat lebaran di objek  wisata Pantai Tugu Air Bangis, Minggu ( 16/05/2021) siang tampak pengunjung agak lengang. Dan para pedagang dan pemilik warung makanan dan minuman tampak menunggu calon pembeli dengan sabar dan tabah. 


Sepinya pengunjung bukan karena minim peminat . Melainkan karena adanya penyekatan  di Jorong Silawai Timur, sehingga ratusan calon pengunjung wisata terpaksa putar balik.




Salah seorang pedagang di kawasan Pantai Tugu Air Bangis mengatakan,  pengunjung wisata di kawasan itu memang relatif sepi. Itu petanda ada petugas gabungan yang menjaga pintu masuk Air Bangis .


"Benar, hingga jelang sore menang pengunjung agak sepi, mungkin  nanti sore jelang magrib baru ramai karena petugas di posko penjagaan mungkin sedang istirahat . Namun umumnya pengunjung yang  datang adalah yang tinggalnya  tak jauh dari sini, "kata pedagang yang enggan ditulis namanya itu.


Lanjunya, " sebenarnya kami inginnya pengunjung jangan terlalu dibatasi atau ditutup habis. Kan bisa dengan mengikuti protokol kesehatan, seperti wajib pakai masker, " katanya berharap.

Pengunjung Ditertibkan dan Mengikuti Protokol Kesehatan 



Sementara itu, Sekretaris Nagari Aia Bangih, Nelva Marman yang dihubungi Minggu, mengatakan, salah satu dampak penutupan objek wisata memang  berimbas pada usaha kecil menengah khususnya para pedagang kecil. Namun hal itu suatu efek yang tak  bisa dihindarkan dalam upaya antisipasi penyebaran Covid-19.


Namun lanjutnya, walau ditutup, pengunjung juga tak terbendung. Terutama pada sore hari, banyak juga yang lolos dan masuk lokasi wisata Air Bangis .


" Biasanya sore ramai juga pk, rerutama pengunjung yang berada di sekitar Air Bangis . Namun tetap wajib mengikuti  protokol kesehatan, salah satunya  wajib pakai masker, "katanya


Ditambahkan,  pihak Tim Satgas Penanganan covid-19 Nagari Aia Bangih tetap memantau dan menghimbau pengunjung untuk mematuhi protokol kesehatan. Dan menghindari kerumunan dengan jaga jarak.


 Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid -19 Nagari Aia Bangih , tertibkan pengunjung kawasan pantai Air Bangis 


" Kita dari nagari terus berupaya menertibkan pengunjung. Berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan Polsek agar keteriban terus terjaga, " ujarnya **"Irti z





Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *