HEADLINE NEWS

Bupati Pasbar akan Bentuk Dinas Peternakan Khusus, Lepas dari Dinas Pertanian

IKLAN

 

 Potensi Pengembangan Peternakan di Pasaman Barat Cukup Menjanjikan


Pasaman Barat, prodeteksi.com-----Untuk optimalisasi program pembangunan bidang peternakan, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatera Barat, akan mebentuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru yakni Dinas Peternakan.


Jika Dinas Peternakan ini berdiri sendiri jadi satu OPD,  maka Dinas DPTHP akan lebih ramping dan menjadi Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (DPTH)


“Selama ini, program peternakan merupakan salah satu bidang di Dinas Pertanian, yakni Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DPTHP). Nantinya, OPD ini akan kita mekarkan karena ada beberapa bidang yang bergabung dengan Dinas Pertanian. Maka nanti akan ada Dinas Peternakan khusus, “ kata Hamsuardi, Bupati Pasbar, belum lama ini dalam suatu kesempatan berbincang dengan prodeteksi.com.


Lebih lanjut dikatakan, potensi peternakan di Pasbar cukup bagus dan perlu dikembangkan lebih serius. Sebab, selain dapat menyerap tenaga kerja dan menggerakkan ekonomi masyarakat, juga dapat meningkatkan ketercapaian dan ketersediaan kebutuhan pangan hewani. Termasuk dalam memenuhi kebutuhan hewan qurban lokal.


“Kita perlu belajar dari daerah lain yang serius dalam pengembangan ternak ini. Contohnya sapi, saya melihat ada suatu daerah sudah berhasil dalam pengembangan hewan ternak ini, dengan perpaduan ilmu dan teknologi dalam pengembangannya, sehingga ternak berkembang biak dan masyarakat pun dapat menyerap manfaat dari peternakan ini, “

Hamsuardi mencontohkan, dengan pengembangan bibit ternak dari hanya beberapa ekor, lalu berkembang biak atau melahirkan anak beberapa ekor. Nantinya bibitnya bisa pula dipinjamkan pada masyarakat untuk dikembangkan. Lalu jika sudah beranak lagi, menjadi milik peternak untuk dipelihara dan dikembangkan. Begitu seterusnya diprogramkan secara bertahap, jelas Hamsuardi.


Bahkan jelas Hamsuardi, para guru pun terutama di lingkungan Pondok Pesantren dapat mengembangkan hewan ternak ini untuk meningkatkan pendapatan mereka. Sehingga mereka lebih semangat dalam menjalankan profesinya karena ada tambahan pemasukan untuk peningkatan ekonomi keluarga.


Dengan pembangunan subsektor peternakan ini, hamsuardi optimis  akan dapat menggerakkan perekonomian masyarakat, terutama di perdesaan. Sebab, peternakan mampu mengambil peran dalam penyerapan lapangan pekerjaan di perdesaan. 


Selain itu, peternakan juga dinilai mampu menyediakan pangan hewani untuk meningkatkan gizi masyarakat maupun untuk kebutuhan bahan baku industri.  


 Perobahan OPD juga akan  dilakukan untuk Dinas Pendidikan. Menurut Hamsuardi akan digabung dengan kebudayaan. Menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.  ***irti z


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *