HEADLINE NEWS

Antisipasi Covid 19, Nagari Aia Bangih Siapkan Ruang Isolasi

IKLAN

 

 Kantor Wali Nagari Air Bangis 

Pasaman Barat, prodeteksi.com----Dalam rangka antisipasi dan penanganan Covid-19, di setiap nagari di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), masing –masing aktifkan posko nagari dan siapkan rumah isolasai.


Seperti halnya di Nagari Air Bangis, terus berupaya melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan berbagai kegiatan sosialisasi ke masyarakat agar senantiasa melaksanakan protokol kesehatan. Hal ini seiring juga dengan pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarkat (PPKM) berbasis Mikro sesuai edaran pemerintah  dan Pembentukan Posko Penanganan Covid-19.


“Alhamdulillah di Nagari Air Bangis ini, posko nagarinya aktif dan bahkan kita telah menyiapkan rumah isolasi sejak beberapa waktu lalu, “ kata Wali Nagari Air Bangis, Hadi Darmawan, SE melalui Sekretaris Nagari (Sekna), Nelvia Marman, belum lama ini di Air Bangis.

 

Dikatakan, pihak nagari terus berupaya melakukan pembinaan sosial yang bersifat edukatif kepada masyarakat dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan dengan menerapkan  5M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, Menghindari Kerumunan, Mengurangi Mobilitas). Salah satunya dengan mengaktifkan Posko Nagari dan secara terus menerus menggerakkan protokol kesehatan semua warga tanpa terkecuali  

 Belgia Marman. Sekna Aia Bangih 



"Sebagaimana kita ketahui, obat Covid-19 yang paling ampuh adalah mencegah penyebaran virus, dengan mematuhi protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, sering-sering mencuci tangan, menghindari kerumunan, pola hidup sehat dan memakan makanan yang bergizi," kata Marman. 


Lebih lanjut dikatakan, terkait kegiatan pencegahan dan penanganan Covid-19 ini juga didukung  pengalokasian anggaran Dana Desa 2021.  Artinya dibenarkan secara aturan, baik oleh Peraturan Menteri Desa maupun Peraturan Menteri Keuangan. 


"Sesuai ketentuan untuk penanganan Covid-19 di nagari atau desa,  memang dianggarkan untuk kegiatan ini sebanyak 8 persen. Termasuk membiayai Posko Covid-19 Nagari, dan membiayai Rumah Isolasi," kata Marman.


Ditambahkan bahwa keberadaan Rumah Isolasi di nagari Air bangis memang sangat penting menghadapi kemungkinan adanya lonjakan penderita Covid. Untuk itu pihak Nagari menyewa salah satu rumah yang sebelumnya dipakai untuk Kantor Bamus dan dilengkapi dengan sekat ruangan.  


Alhamdulillah hingga saat ini jelasnya, angka Covid -19 di Air Bangis masih relatif rendah dan belum ada yang diisolasi di rumah isolasi nagari tersebut. Pihaknya berharap dengan peningkatan kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan, semoga penyebaran covid ini dapat diantisipasi.  (irz)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *