HEADLINE NEWS

Selamat dan Sukses, Hansastri Terpilih dan Dilantik jadi Sekdaprov Sumbar

IKLAN

 

 HANSASTRI

Padang, prodeteksi.com----Selamat dan sukses.  Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Barat (Sumbar) yang baru, Hansastri dijadwalkan akan dilantik hari ini, Kamis (12/08/2021). Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meneken surat keputusan (Keppres) penetapan Hansastri, pada 5 Agustus 2021.


Informasi yang diperoleh menyebutkan, pelantikan akan dilakukan oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Anasrullah atas nama Mendagri di Auditorium Istana Gubernuran.


 “Benar direncanakan dilantik oleh Gubernur Sumbar, Pak Mahyeldi besok (Kamis 12/8/2021) sekitar pukul 11.00 Wib di Auditorium Gubernuran. Pelantikan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujar Kabiro Administrasi Pimpinan (Adpim) Sedpprov Sumbar Hefdi, Rabu (11/8/2021), sebagaimana dikutif dari padek.jawapos.com.


Sebelumnya, Hansastri putra Pasaman Barat kelahiran 13 Oktober 1964 juga pernah dipercaya sebagai Pjs Bupati Pasaman Barat ketika Pilkda 2020. Selanjutnya ia mengikuti serangkaian seleksi Sekdaprov Sumbar yang dilakukan Panitia Seleksi yang diketuai Hamdani, Staf Ahli Mendagri bidang Ekonomi dan Pembangunan. 


Dari 15 peserta yang mendaftar yang dimulai 24 Mei hingga 31 Mei 2021, Hansastri, Kepala Bappeda Sumbar ini meraih 3 besar dan meraih skor tertinggi bersama dua lainnya, yakni  Kepala Dinas Kehutanan Sumbar Yozarwardi Usama Putra dan Staf Ahli Wali Kota Padang Andri Yulika.


Lalu kemudian Gubernur Sumbar Mahyeldi, tanpa ada catatan tertentu mengusulkan tiga nama itu kepada Presiden melalui Mendagri untuk dipilih satu nama. Hasilnya, Hansastri yang juga lebih senior ini, terpilih setelah ditetapkan oleh Tim Penilai Akhir (TPA) yang diketahui Presiden RI.


Hansastri awalnya adalah ASN pada BPKP Sumbar dan tahun 2012 ditarik Gubernur Irwan Prayitno menjadi Staf Ahli Gubernur bidang Ekonomi dan Keuangan yang kosong setelah pejabat lama Zainuddin diangkat menjadi Kepala Dinas Pendapatan Daerah.


Pada 27 Desember 2016, Hansastri diangkat Gubernur Irwan Prayitno menjadi Kepala Bappeda Sumbar menggantikan Afriadi Laudin, yang meninggal dunia pada 9 Agustus 2016. Hingga saat ini walau berganti gubernur jabatan kepala Bappeda masih dipegang Hansastri.


Ia juga pernah ikut berkompetisi untuk memperebutkan kursi Sekprov Sumbar pada 2018 jelang Sekdaprov Sumbar Ali Asmar pensiun. Ketika itu ia hanya masuk lima besar. Namun, ia tak mengenal patah semangat, tahun ini ia ikut lagi seleksi dan akhirnya terpilih dan ditetapkan  sebagai Sekdaprov Sumbar yang baru. ****/i


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *