HEADLINE NEWS

Ketua DPRD Sumbar Menilai Masih Banyak yang Harus Dibenahi di Daerah yg Sudah Berusia 76 Tahun

IKLAN



Sumbar, prodeteksi.com--  Peringatan Hari Jadi (PHJ) ke-76 Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melalui rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) digelar di Ruang Sidang Utama DPRD Sumbar pada Jumat (1/10/2021). 


PHJ ke-76 Provinsi Sumbar kali ini mengangkat tema "Dengan Semangat Hari Jadi Sumatera Barat ke-76, Kita Wujudkan Sumatera Barat Madani melalui Peningkatan Ekonomi Masyarakat dalam Menghadapi Pandemi Covid-19".


Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Supardi, dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Wakil Gubernur Audy Joinaldy, Forkopimda Sumatera Barat, Sekretaris Daerah dan Kepala OPD Sumbar, tokoh masyarakat, cadiak pandai, alim ulama, ninik mamak, dan juga diikuti oleh Bupati/Walikota se-Sumatera Barat secara virtual.


Mengawali rapat paripurna, Ketua DPRD Provinsi Sumbar Supardi menegaskan, bahwa penetapan tanggal 1 Oktober 1945 sebagai HJP dilakukan setelah melalui proses panjang kajian dan pembahasan. 


"Semua ini tidak terlepas dari perjalanan sejarah Sumatera Barat sebagai satu kesatuan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sehingga diambil sebagai momen penting yang menjadi dasar hari jadi yang disepakati dan diterima oleh semua pihak," jelas Supardi. 


Peringatan ini, lanjut Supardi, bukan sekedar untuk euforia sejarah. Namun, menjadi titik evaluasi dalam penilaian pembangunan untuk membawa Sumbar lebih maju lagi. Kondisi saat ini, katanya, masih banyak yang harus dibenahi. 


Sumbar masih ketinggalan dalam banyak hal. Cita-cita mewujudkan Sumbar yang madani maju dan sejahtera berbasis sumber daya manusia yang agamais belum sepenuhnya dapat diwujudkan. 


"Sebagai refleksi, 76 tahun usia Sumbar adalah waktu yang panjang untuk membangun daerah namun cita-cita itu belum sepenuhnya dapat diwujudkan," papar Supardi. 


Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan anggota  DPRD provinsi Sumbar, atas terselenggaranya rapat paripurna Peringatan Hari Jadi Provinsi Sumbar ke 76 tersebut.


"Selamat hari jadi Provinsi Sumbar. Semoga dengan adanya acara ini mampu memberikan semangat kepada seluruh Aparatur Daerah Sumbar dan kabupaten/kota lainnya untuk dapat berkembang dan menjadi pribadi yang mandiri ke depannya,"ungkap Mahyeldi.


76 tahun usia Provinsi Sumbar, lanjutnya, sudah banyak keberhasilan yang telah dicapai, terutama dalam hal penanganan kasus Covid-19. Selain itu momentum untuk menjalankan tugas-tugas yang masih tersisa agar bisa diselesaikan dengan semaksimal mungkin, juga menjadi memomentum evaluasi daerah untuk mengejar ketertinggalan dan mempersiapkan diri menghadapi persaingan pada masa depan.


"Kepada Para penggagas pembentuk wilayah Sumbar, diminta mampu menyelenggarakan pemerintahan dengan baik dan benar, serta dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat disemua sektor. Untuk itu, penetapan hari jadi Sumbar bertujuan untuk menumbuhkembangkan rasa kesatuan dan persatuan kebanggaan daerah, mendorong untuk memiliki rasa kepemilikan serta rasa cinta daerah dan usaha,"ucapnya.***dkf

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *