HEADLINE NEWS

Serahkan Bantuan Sosial untuk Ibu Hamil dan Balita, BKN Koto Balingka Termasuk Terbaik di Pasbar

IKLAN

 LIPUTAN KHUSUS BKN KOTO BALINGKA


 Penyerahan bantuan Makanan Bergizi berupa susu bagi ibu hamil dan anak balita di Kecamatan Koto Balingka oleh BKN Koto Balingka yang dihadiri juga Kabid pda DPMN, M. Ghor, didampingi Ketua BKN, Yufrizal (kanan) dan juga dihadiri Sekcam, Erita nauli, dan Sekna, Syaiful Sukri.


Pasaman Barat, prodeteksi.com ----Badan Koordinasi Nagari (BKN) Parit Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar) terus berupaya membantu masyarakat di daerah setempat dalam bidang sosial dan peningkatan ekonomi masyarakat, khusunya  di wilayah Kecamatan Koto Balingka. 


Seperti kegiatan yang dilaksanakan Rabu (13/10/2021). BKN Koto Balingka menyalurkan bantuan berupa makanan bergizi bagi ibu hamil dan balita, teruatama yang kurang mampu untuk pencegahan stunting di daerah kecamatan setempat. 


Kegiatan dihadiri oleh Kabid pada DPMN Pasbar, M. Ghor, Sekcam Koto Balingka, Erita Nauli, Sekna Parik, Syaiful Sukri, Ketua BKN, Yufrizal dan Ketua UPK, Heri Fitri Yanti, dan pengurus lainnya, Afrijan, Sherlin Kusuma Dewi, Novita Erlinda dan Afyani.



Ketua BKN Koto Balingka, Yufizal mengatakan, penerima bantuan berasal dari berbagai kejorongan yang dinilai terbaik dalam pengembalian pinjaman dengan tepat waktu atau yang disebut juga IPTW ( Insentif Pengembalian Tepat Waktu) 


Lanjutnya, dari 28 jorong di Kecamatan Koto Balingka, sebanyak 20 jorong yang meminjam pada BKN terdapat  10 jorong yang paling tepat waktu pengembaliannya berdasarkan penilaian Tim UPK pada BKN Koto Balingka. 


Sebagai reward, setiap tahunnya diberikan bantuan sosial dan juga ada bonus dua persen dari  total pinjaman bagi yang tepat waktu dalam mengembalikan pinjaman tersebut. Bantuan diserahkan secara simbolis kepada beberapa orang perwakilan penerima dan selainnya diantarkan langsung ke alamat penerima.




Dalam kegiatan Rabu (13/10), BKN menyerahkan bantuan pelengkap nutrisi ibu hamil dan balita senilai Rp . 22.600.000. Yang diterima sebanyak 129 balita dan 53 ibu hamil yang tersebar di 10 kejorongan. Yakni Jorong  Batang Lapu, PB.1, P. BPP, Air balam, TB. Padang, Parit, Siduampan, Tamiang, Kampung Randah dan Air Runding. 


Bantuan sosial berupa susu berbagai merk ini merupakan hasil surplus kegiatan simpan pinjam dalam setahun berjalan.  Menurut Ketua BKN yang ditambahkan Ketua UPK, Fitri Yanti menyebutkan, kegiatan sosial serupa dilaksanakan setiap tahun. Seperti bantuan untuk lansia, juga beasiswa bagi pelajar mulai tingkat SD, SLTP dan SLTA. Untuk ke depan katanya masih akan dibicarakan dalam musyarawah antar jorong.


Sekretaris Nagari Parit, Saiful Sukri, A.Md dalam sambutannya, memberi apresiasi positif terhadap kegiatan sosial yang dilaksanskan BKN Koto Balingka  yang telah membantu masyarakat. Yakni berupa bantuan pada ibu hamil dan anak balita dalam rangka pencegahan stunting.


 Personil BKN Koto Balingka, Ketua : Yufrizal, Sekretaris : Afrizan, Bendahara : Sherlin Kusuma Dwi, Ketuan UPK : Heri Fitri Yanti, Sekretaris UPK : Reski Ahmad, SH, Bendahara : Novia erlinda dan Staf Afyani


“ Kami ucapkan terima kasih pada BKN yang telah mengarahkan bantuan sosialnya untuk ibu hamil dan anak anak balita dalam rangka pencegahan stunting ini.  Mudah-mudahan Koto Balingka dan Nagari Parit khususnya akan tertuntaskan secara bertahap dari angka stunting ini. Apalagi ini sangat mendukung program daerah dan nasional, “ katanya.


Camat Koto Balingka yang diwakili Sekcam, Erita Nauli, S.STP juga memberi motivasi pada BKN untuk berbuat lebih banyak lagi pada masyarakat. Menurutnya dengan  kegiatan Simpan Pinjam Perempuan (SPP) yang berjalan  lancar dan tak menunggak itu merupakan suatu kemajuan dan prestasi apalagi  telah dapat membantu usaha kecil menengah atau usaha rumah tangga. Bahkan dalam upaya pencegahan stunting di tengah masyarakat.


“Ibu hamil memang butuh gizi yang lebih karena akan berdampak pada kelahiran anak yang diharapkan melahirkan anak yang sehat.  Begitun pertumbuhan balita sangat diharapkan adanya nutrisi yang seimbang. Untuk itu saya himbau juga agar ibuk-ibuk rajin memeriksakan ke posyandu, “pintanya.




Ia juga mengharapkan agar para ibu hamil dapat mempertahankan gizi makanan untuk dapat menyusui anak. Dan bayi nya dapat tumbuh  sehat dan tidak mengalami stunting .


Sementara itu Kepala DPMN Pasaman Barat yang diwakili salah seorang Kabid, M. Ghor menyebutkan bahwa BKN Koto Balingka merupakan salah satu yang terbaik dari seluruh kecamatan yang ada Pasaman Barat.


" Kita memberikan apresiasi dan cap plus pada BKN dan UPK Koto Balingka yang telah sukses dan berhasil mengelola program kerja BKN seperti bidang simpan  pinjam perempuan. Sehingga dalam 5 tahun terakhir ini, selalu mengalami surplus" katanya.




Lanjutnya, harapan ke depan nantinya adanya minimal dua orang untuk menerima bantuan berupa tambahan modal usaha kegiatan ekonomi kreatif . "Mudah- mudahan dapat menjadi contoh bagi yang lain terkait peningkatan ekonomi kreatif ini, “ujarnya


Ia menambahkan, BKN di Pasaman Barat sebenarnya  banyak. Namun memang pengelolaan program  dana di BKN ini  tidak mudah.  Makanya ia memberi jempol pada BKN Koto Balingka atas kesusksesan selama ini. “Saya yakin UPK dan BKN Koto Balingka nantinya bisa menjadi  utusan lomba tingkat Sumatera Barat, “katanya



Oleh karena itu, ia minta agar BKN Koto Balingka siap - siap. Sebab, dengan suksesnya BKN dalam menjalankan program selama ini bahkan dapat membantu secara sosial  kepada masyarakat.  Ini ia minta terus dipertahankan dan dapat lebih berperan lagi ke depan dalam menumbuhkan ekonomi masyarakat. ***irti z


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *