HEADLINE NEWS

Tiga Kandidat Sekda Pasbar, Siapa yang akan Dipilih Bupati ?

IKLAN

 

 Kandidat Calon Sekda Pasbar

Pasaman Barat, prodeteksi.com ---- Tiga nama kandidat Jabatan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) telah ditetapkan Panitia Seleksi (Pansel). Kini, keputusan akhir berada di tangan Bupati Pasbar sebagai pejabat pembina kepegawaian untuk memilih satu dari tiga nama calon  untuk ditetapkan dan dilantik.


Sebagaimana regulasi tentang proses penentuan sekda diatur dalam Undang – Undang (UU) nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Pada pasal 115 ayat 4 berbunyi, "Pejabat Pembina Kepegawaian memilih satu dari  tiga nama calon sebagaimana dimaksud untuk ditetapkan dan dilantik sebagai pejabat pimpinan tinggi pratama." 


Namun sebelum penetapan, bupati harus berkoordinasi dengan gubernur. Sesuai ketentuan pasal 5  yeng menyatakan bahwa khusus untuk pejabat pimpinan tinggi pratama yang memimpin sekretariat daerah kabupaten/kota sebelum ditetapkan oleh Bupati/Walikota dikoordinasikan dengan Gubernur. 


Hal ini dibenarkan oleh pihak BKPSDM Pasbar yang menyebut bahwa setelah penetapan 3 besar hasil seleksi Pansel, maka proses selanjutnya berkoordinasi dengan gubernur. "Benar bahwa proses selanjutnya dikoordinasikan dengan gubernur, dan menunggu rekomendasi dari KASN untuk pelantikan,"kata Dedi, bidang pengembangan pada BKPSDM Pasbar, Senin (29/11/2021) 


Tiga nama calon Sekda Pasbar tersebut adalah :

1. Hendra Putra,S.STP, jabatan saat ini Staf Ahli Bidang Pengembangan Ekonomi  dan Pembangunan/Mantan Pj.Sekda Pasbar) 

2. Drs. Joni Hendri, M.SI, jabatan saat ini Asisten Perekonomian dan Pembangunan/Mantan Kepala Bappeda Pasbar}

3. Saifuddin Zuhri,S.Pd,MM, jabatan Saat ini Kepala BKPSDM Pasbar.


Menurut salah seorang pemerhati pemerintahan daerah yang juga Mantan Anggota DPRD Pasbar, Imam Jendri, S.Ag, MSI mengatakan, dari tiga nama calon Sekda Pasbar tersebut, semuanya merupakan putra terbaik dan sama berpeluang. Apalagi telah melewati ujian kompetensi sesuai yang diatur menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

 Imam Jendri

Namun lanjutnya, bupati perlu mempertimbangkan rekam jejak calon. Dan kemampuan berkomunikasi dengan para pihak baik jajaran eksekutif maupun legislatif yang berada di daerah tersebut.
 
Karena jelasnya, disamping tugas pokoknya sebagai pamong di eksekutif, sekda juga bisa mengkomunikasikan antara Bupati dan DPRD sebagai pelaksanaan pemerintahan daerah.
"Ketiga kandidat merupakan putra terbaik.Saya berkeyakinan bisa dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Walau masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan, "katanya.
 
Namun semua itu menurut Jendri tergantung kepada Bupati siapa yang patut dan pantas yang bisa berdampingan dengan tugasnya sehari hari. Karena tanggung jawab sekda disamping tugas pemerintahan, beliau juga dapat bekerjasama dengan baik bersama Bupati dan wakil bupati,
 
"Saya berharap siapapun yang diputuskan satu orang dari tiga orang yang telah direkomendasikan, semoga yang terbaik untuk rakyat pasaman Barat. Sehingga terciptanya pemerintahan good goverment yaitu pemerintahan yang bersih dari korupsi, kolusi, nepotisme ( KKN)," harapnya.
 
Disisi lain, Jendri menyebut bahwa satu orang yang terpilih naninya sebagai sekda, jangan terlalu eforia. Sebab, ia yakin selain dari yang tiga ini masih banyak putra dan putri Pasaman Barat yang cakap dan mampu mengemban tugas  tersebut. ****irz

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *