HEADLINE NEWS

Keltan BARIKADE Koto Baru Terbentuk, Misdarmi Dipercaya sebagai Ketua

IKLAN



 MISDARMI


Pasaman Barat, prodeteksi.com ------ Kelompok Tani (Keltan) "Barisan  Karya Daerah" (BARIKADE) Koto Baru Kecamatan Luhak Nanduo Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatera Barat, terbentuk, Jum'at (17/12/2021)


Pembentukan dilaksanakan di Jalan Mahakarya Koto Baru dalam musyawarah anggota yang juga dihadiri oleh Sekretaris Nagari Koto Baru dan perwakilan dari Dinas Koperasi dan Perkebunan Pasaman Barat. Serta disaksikan oleh pengurus BARIKADE 98 Sumatera Barat, yang diwakili Dibya Prayasita (sekretaris dan Musril (bendahara).


 Foto Bersama Usai Pembentuka  Keltan BARIKADE


Dalam musyawarah yang juga dihadiri oleh Pembina Asmui Thoha ini, Misdarmi terpilih sebagai Ketua Keltan BARIKADE Koto Baru. Dia adalah seorang tokoh perempuan Koto Baru khususnya di Mahakarya yang aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan kemasyarakatan.


Misdarmi, sebelumnya dikenal aktif dalam berbagai kegiatan bermasyarakat dan melakukan bantuan sosial serta bencana alam.  Pernah juga aktif dalam organisasi politik Partai Demokrat dan terakhir masuk dalam kepengurusan Gerindra Pasbar.


 Pembentukan  Keltan BARIKADE Koto Baru Pasbar


"Kelompok tani ini dibentuk dengan tujuan untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan kemampuan anggota dan keluarganya. Serta sebagai suatu wadah perkumpulan petani yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat kegiatan penyuluhan dan peningkatan kualitas petani, " kata Misdarmi usai pembentukan Keltan itu, Jum'at.


Dikatakan, kelompok tani BARIKADE saat ini beranggotakan 27 petani yang bergerak di bidang perkebunan, pertanian, peternakan dan bidang lainnya yang menunjang kegiatan petani. Dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan anggota


 Pembentukan  Keltan BARIKADE Koto Baru Pasbar



"Tidak saja perkebunan sawit atau tanaman tua, tapi juga ada tanaman jagung dan peternak, " kata Misdarmi.


Dia juga menjelaskan, dengan pengembangan kelompok tani ini nantinya, diarahkan pada penerapan sistem agribisnis. Kemudian, peningkatan peran serta petani dan anggota masyarakat lainnya dengan menumbuhkembangkan kerjasama antar petani dengan pihak lain dalam usahanya mengembangkan usaha tani. 



Selain itu menurutnya, melalui wadah kelompok tani ini akan membantu menggali potensi, memecahkan masalah usaha tani dan anggotanya agar lebih efektif. Juga memudahkan mengakses informasi, pasar, teknologi, permodalan dan sumber daya lainnya. Sehingga diharapkan kelompok tani akan memiliki peran yang strategi dalam mewujudkan petani yang berkualitas, "ungkapnya.


 Pembentukan  Keltan BARIKADE Koto Baru Pasbar



Dijelaskan pula, dengan  wadah kelompok tani ini diharapkan ke depan adanya kemandirian dan ketangguhan dalam berusaha tani. Sehingga kualitas hidup anggota atau kesejahteraan keluarga dan masyarakatnya  lebih meningkat. ***iz



Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *